Juli 23, 2024

Pj. Bupati Landak Serahkan Bantuan Benih Ikan Lele di Desa Mandor Kiru

0

TariuNews.com, Landak – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan melaksanakan acara tebar 4500 benih ikan lele sekaligus penyerahan bantuan perikanan di Desa Mandor Kiru, Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, Kamis (04/07/2024).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk langkah kongkrit dalam pengembangan perikanan, Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan khususnya di bidang perikanan melaksanakan program peningkatan produksi perikanan budidaya.

“Hal ini dapat dijadikan salah satu pilar ketahanan pangan, yaitu dengan meningkatnya produksi setiap tahunnya yang menandakan bahwa ketersediaannya meningkat pula, tentunya ikan budidaya mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau,” ungkapnya.

Gutmen menjelaskan bahwa ini juga upaya untuk mendorong dan menumbuh kembangkan pelaku usaha perikanan dalam mencapai ketersediaan akan protein hewani yang berasal dari ikan ini pemerintah Kabupaten Landak memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana budidaya ikan seperti benih ikan, pakan ikan, dan bantuan kolam terpal.

“Mengkonsumsi ikan sangat berperan pada penanganan stunting. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, angka stunting di Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar 21,5 %, Kabupaten Landak tahun 2023 sebesar 19%, dan target untuk tahun 2024 dapat turun menjadi 14%. Salah satu penyebabnya adalah asupan makanan ibu selama kehamilan yang kurang bergizi dan kurangnya pemberian nutrisi dan gizi selama masa pertumbuhan anak- anak,” jelasnya..

Dengan melihat berbagai nilai positif yang terkandung pada ikan, lanjutnya Gutmen berharap semua selain mampu menjaga ketersediaan bahan pangan yang berasal dari ikan, membudayakan kebiasaan mengkonsumsi ikan. Sosialisasikan pola konsumsi sehari-hari yang berbahan dasar ikan kepada seluruh masyarakat yang ada di lingkungan terutama masyarakat Kabupaten Landak.

“Kepada penerima bantuan sarana prasarana budidaya perikanan, pada kesempatan ini saya menghimbau agar bersungguh-sungguh untuk merawat, menjaga dan memanfaatkan serta dapat mengolah ikan semaksimal mungkin agar dapat berkembang dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. Yang kedepannya ini juga diharapkan dapat menjadi tambah penghasilan rumah tangga keluarga,” harapnya.

(Diskominfo Landak)

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: