Mei 18, 2024

Sekda Landak Ajak Masyarakat Landak Sukseskan Pemilu Damai

0

TariuNews.com, LANDAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius, S.Sos,.MMA Mengajak Seluruh Lapisan Masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 dengan menggunakan hak pilih secara bijak, serta tidak terlibat dalam praktik politik praktis sehingga penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai.

“Selain damai pada Pemilu 2024, pemilu juga harus lancar dan berintegritas. Untuk menuju pemilu damai maka terlebih dahulu kita harus peka dan sigap untuk mengatasi berbagai indikasi kerawanan dalam penyelenggaraan pemilu, yang nantinya bisa mengganggu jalannya tahapan pemilu,” ujar Vinsensius, di ruang kerjanya kepada awak media. Rabu, (30/08/2023)

Lebih lanjut Vinsensius menyampaikan bahwa senandung pemilu damai bisa diwujudkan dalam lima hal, yang pertama, kerangka pemilunya mendukung. Kedua penyelenggara pemilu berintergritas, ketiga, peserta pemilu kompetitif. “Bukan saling membenarkan perilaku melanggar, tetapi saling mengawasi karena paling efektif adalah kontrol sesama peserta.

“Keempat, pemilih berdaya dan kelima yakni penegakan hukum yang efektif. “Lima hal itu akan mewujudkan senandung pemilu damai,” jelas Vinsensius.

Tidak lupa Vinsensius menyampaikan bahwa ada lima kunci pemilu damai, jujur, adil, dan bermartabat yang telah disampaikan oleh Mendagri, yaitu Yang pertama Penyelenggara pemilu, KPU dan jajaran, Bawaslu dan jajaran, termasuk pemerintah juga mendukung anggaran dan lain-lain, kedua Peserta pemilu yang siap menang dan siap kalah, ketiga Media yang berperan penting dalam memengaruhi publik.

“Ke empat Partisipasi masyarakat yang tinggi akan menentukan legitimasi yang kuat dari masyarakat dan yang ke lima Aparat keamanan untuk menjaga situasi keamanan agar tetap terjaga baik. Jadi orkestrasi semua pihak. Lima kunci pemilu damai, jujur, adil, dan bermartabat ini kita kolaborasikan dengan senandung pemilu damai, maka apa yang kita harapkan pada pemilu 2024 mendatang terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapan,” tutup Vinsensius.

Editor : Dodi

Media Center Pemda Landak

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: