Jum. Feb 23rd, 2024

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pj. Bupati Landak Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

TariuNews.com, Landak – Pj. Bupati Landak pimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Landak, Kamis (01/06/2023).

Dalam pidatonya Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan pada peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Samuel mengajak agar meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

“Gotong royong membangun perdaban dan pertumbuhan global tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia,” ajaknya.

Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat lanjut Pj. Bupati, terus mengemuka. Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada para peserta upacara sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila,” lanjutnya.

Dirinya menegaskan agar mempedomi dan melaksanakan beberapa hal diantaranya pertama, pegang teguh sumpah dan janji untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai, untuk itu semua harus tetap menjaga netralitas.

Kedua, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.

Ketiga, jaga terus sinergitas. Sadari bahwa adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan memajukan bangsa.

“Marilah sebagai insan yang beriman, kita senantiasa memohon petunjuk dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, agar kita senantiasa diberikan kekuatan dalam meneruskan langkah serta pengabdian kita kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” tutup Samuel.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih kepada para camat, dan pimpinan ormas di Kabupaten Landak.

Upacara turut dihadiri Ketua DPRD Landak, Wakapolres Landak, perwakilan Kejari Landak, Kodim 1201, Yonarmed Ngabang, Pimpinan OPD, Ketua TP-PKK Kabupaten Landak, TNI, Polri, ASN di lingkungan Pemkab Landak yang mengenakan busana adat nusantara.

(Diskominfo Landak)

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: