Juni 21, 2024

Pj. Bupati Landak Hadiri Tanam Padi Perdana di Desa Kelampai Setolo, Kec. Meranti

0

TariuNews.com, LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri Tanam Padi Perdana di Desa Kelampai Setolo, Kecamatan Meranti dan dihadiri Staf Ahli Bupati Landak, Plt. Kepala Bappeda Kab. Landak, Kepala Dinas PPKP Kab. Landak, Kepala Dinas Kumindag Kab. Landak, Forkopimcam Meranti, Kepala Desa Kelampai Setolo beserta jajaran, para petani, serta tamu undangan lainnya. Rabu, (31-05-2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Landak, selamat atas terselenggaranya tanam padi perdana di Desa Kelampai Setolo ini.

“Saya sangat bangga dan bersyukur karena para petani yang telah berkontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas beras di Kabupaten Landak,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel mengatakan bahwa penetapan waktu tanam dan pola tanam yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan panen dan produksi tanaman pangan. “Saya memperoleh informasi bahwa kita akan menghadapi fenomena El Nino. Dalam sektor pertanian, fenomena ini dapat menjadi tantangan besar karena sapat mengganggu pola cuaca yang berdampak pada produksi pertanian dan kesejahteraan petani. Hal yang perlu kita waspadai adalah kekeringan, gangguan musim tanam, penyakit dan hama tanaman, penurunan kualitas tanaman, dan ketidakstabilan pasar,” terang Samuel.

Pj. Bupati Landak itu menghimbau para petani agar segera melakukan tanam padi sesuai dengan Surat Edaran Bupati Landak Nomor 501/228/DPPKP/2023 tentang Gerakan Percepatan Tanam Padi Periode Musim Tanam April-September Tahun 2023 di Kabupaten Landak. “Target luas tanam kita untuk periode April-September tahun ini adalah 45.100 Hektar. Mari kita sukseskan Gerakan Percepatan Tanam ini demi menjaga ketersediaan pangan di wilayah kita,” terang Samuel.

Ia juga meminta kepada para penyuluh agar selalu membimbing, mengedukasi, dan memotivasi petani dalam upaya mensukseskan gerakan tersebut. “Selain itu, kepada para petugas statistik tanaman pangan agar selalu melaporkan perkembangan luas tanam di wilayah kerja masing-masing secara berjenjang, kirimkan laporan harian ke Kabupaten yang kemudian akan dilanjutkan ke Dinas Provinsi dan Pusat karena dengan adanya laporan ini, akan dijadikan sebagai indikator sejauh mana kita semua sudah bekerja, dengan begitu, target tanam yang telah ditentukan terukur dan bisa dicapai,” tukas Samuel. Tidak lupa Samuel menyatakan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk mendukung petani, dan selalu bersinergi baik bersama Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Pusat, dan pihak lainnya.”Adapun komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai program pemerintah seperti melalui pengadaan benih unggul bersertifikat, pupuk bersubsidi, penyediaan sarana dan prasarana pertanian, serta program-program lainnya,” tutup Samuel.

Diskominfo Kab.Landak

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: