Sen. Feb 6th, 2023

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Peresmian Galeri UMKM Kabupaten Landak, Pelaku UMKM Bangga Dengan Ide Merakyat Karolin

TariuNews.com, LANDAK – Gedung Galeri UMKM Kabupaten Landak telah diresmikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel bersama Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa yang bertampat di Dusun Tungkul, Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, kamis (13/10/22) malam.

Dalam sambutannya Karolin bersyukur dengan adanya gedung Galeri UMKM Kabupaten Landak ini bisa menjual produk-produk lokal dari UMKM yang ada di Kabupaten Landak, mengingat saat ini penggiat UMKM di Kabupaten Landak sudah sangat banyak karena ditahun 2015 sampai 2017 pelaku UMKM yang terdata di dinas ada 156 dan ditahun 2022 pelaku UMKM bertambah menjadi 9805, serta pelaku UMKM tersebut menjaul berbagai produk seperti ukiran, pakaian, asesoris maupun makanan.

“Membangun gedung itu gampang, tetapi yang menjadi persoalannya adalah keberlanjutannya. Saya berharap dengan adanya gedung ini merupakan sebuah awal, namun yang paling sulit adalah bagaiman pembinaan bisa berkelanjutan dan galeri ini bisa sungguh-sungguh jadi etalase, tempat pemasaran bagi pelau UMKM Kabupaten Landak. Karena judulnya UMKM Saya kita itu luas sekali, bisa macam-macam produknya, mungkin ini baru sehingga dinas masih dalam tahap inventarisir, kedepan kalau ada tamu datang ke sini paling tidak sudah tahu kemana harus mencari oleh-oleh khas Kabupaten Landak,” ucap Karolin.

Karolin juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Landak dapat memanfaatkan hasil-hasil produk dari pelaku UMKM untuk kegiatan-kegiatan pemerintahan sebagai bentuk dari perhatian dan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Landak.

“Saya hari ini membawa sebuah piala yang dibuat oleh salah satu pelaku UMKM kita, seperti arahan dari pemerintah pusat bahwa 40 persen belanja di daerah diharapkan bisa menyerap produk UMKM atau produk lokal. Kedepan seperti piala Bupati Cup tidak perlu beli dipasar, pesan sama UMKM kita, lumayan bisa menghidupi mereka. Ini sebenarnya ide sudah lama, hanya saja tidak banyak orang yang bisa menterjemahkan ide kita sebagai pimpinan juga tidak gampang, namun demikian saya kita dengan adanya galeri UMKM ini, kita bisa menggali lagi apa potensi-potensi UMKM di Kabupaten Landak,” jelas Karolin.

sejalan dengan Karolin, Pj Bupati Landak Samuel mengajak seluruh jajaran dinas untuk dapat memanfaatkan produk-produk UMKM Kabupaten Landak sebagai bentuk dari dukungan Pemerintah Kabupaten Landak kepada para pelaku UMKM Kabupaten Landak. Selain itu, Samuel juga mengapresiasi Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa yang sudah mencetuskan ide dalam membuat Galeri UMKM Kabupaten Landak.

“Terima kasih kepada Ibu Karolin, dengan ide-ide beliau dan telah membangun galeri UMKM ini dengan begitu megahnya dan cukup representatif. Dengan berdirinya gedung ini akan menjadi tempat promosi hasil-hasil dari UMKM kita. Saya sependapat dengan ibu Karolin dan nanti akan kita realisasikan dalam berbagai kejuaraan, kalau bisa nanti para pengrajin bisa membuat piala seperti yang ibu Karolin perlihatkan, dan ini paling tidak bisa mendorong mereka untuk menekuni kerajinan ini serta sudah tentu yang wajib membeli terlebi dahulu adalah pemerintah,” ungkap Samuel.

Salah satu pelaku UMKM Risky Andruhu Pahlevi yang merupakan ownwer dari UMKM Nyong Paper Craft mengucapkan terima kasih kepada Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa yang telah berjuang membangun gedung Galeri UMKM Kabupaten Landak, karena melalui galeri ini pelaku UMKM bisa memamerkan dan menjual produk mereka.

“Ide ibu Karolin untuk gagasannya didirikannya galeri UMKM di Kabupaten Landak ini merupakan ide yang sangat bagus, ide yang sangat merakyat, dan ide yang sangat memberikan harapan besar pada kami khususnya para pelaku UMKM di Kabupaten Landak. Karena yang terpenting kami punya kesempatan memamerkan karya-karya kami, memamerkan produk-produk kami dan ibu Karolin telah membuka keran itu, telah membuka pintu gerbang sebesar-besarnya kepada kami, kami sangat bahagia, kami sangat bangga dengan ide yang telah dilemparkan oleh ibu Karolin dan malam ini terbukti dan terwujud adanya galeri UMKM tersebut,” terang Risky.

Tim Liputan

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: