Sen. Okt 3rd, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Selamat dan Sukses HIMADIKA STKIP Pamane Talino

TariuNews.com, Senin (12/7/2021) STKIP Pamane Talino mendapat berita bahagia sekaligus membanggakan. Pengumuman dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, HIMADIKA dalam proposal Progran Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) berjudul “Edukasi Program Literasi Masyarakat Dayak Selibong Dengan Pembangunan Rumah Belajar dan Perpusatakaan Desa”, berhasil lolos penilaian dan akan melanjutkan pengabdian mereka di masyarakat tepatnya Dayak Selibong.

Dalam PHP2D HIMADIKA, diketuai oleh Victor Meiman Lase, dosen pendamping Siti Suprihatiningsih, M. Pd dan dibantu ketua umum HIMADIKA Rian, Pendamping HIMADIKA Wike Elissi, M. Pd dan seluruh anggota penyusun proposal.

Victor Meiman Lase mengatakan bahwa semua ini merupakan usaha anggota kelompok sehingga dapat mencapai hasil yang memuaskan. Kerja sama juga dijaga, rasa tanggung jawab dengan tugas masing-masing tetap dijunjung, melakukan observasi dan bersama melakukan wawancara dengan pihak desa di lapangan.

“Yang berperan aktif adalah semua anggota kelompok PHP2D dan bimbingan dari dosen untuk menyempurnakan proposal. Tidak hanya itu, program yang terpampang dalam proposal itu adalah keluhan atau kekurangan yang ada pada masyarakat, bukan hasil dari pendapat mahasiswa atau anggota kelompok itu sendiri,” ungkap Victor.

Dalam wawancara, ia juga berharap semoga kedepannya untuk kegiatan ini, dapat menciptakan perubahan pada masyarakat Nyiin supaya pendidikan mereka semakin berkembang. Program ini tidak hanya berhenti setengah jalan, tetapi akan berkelanjutan dalam kegiatan bakti pendidikan, sosial, dan pengembangan perpustakaan desa melalui donasi berbagai pihak.

Progran Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah hal yang baik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya mahasiswa. Adanya program ini tentunya dapat meningkatkan keaktifan, inovasi, kreatif, kompetitif dan transformatif mahasiswa terlebih di STKIP Pamane Talino.

Apa itu PHP2D?

PHP2D atau singkatan dari Progran Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa adalah suatu kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa melalui Organisasi, Himpunan, Ikatan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa yang siap mengabdikan dirinya.

“Kegiatan Progran Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau sering disingkat dengan PHP2D adalah program pengabdian kepada masyarakat melalui program tertentu yang dirancang guna memajukan sebuah desa,” kata Rian ketua umum HIMADIKA.

Rian juga mengatakan, PHP2D memerlukan waktu yang optimal, serta melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa didalam organisasi, unit kegiatan, maupun Lembaga Eksekutif Mahasiswa guna menumbuh kembangkan rasa kepedulian dan kontribusi kepada masyarakat desa tujuan menciptakan desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Kok proposal dari STKIP Pamane Talino bisa lolos?

Rian mengungkapkan bahwa yang menyebabkan salah satu proposal dari STKIP Pamane Talino bisa lolos penilaian karena mahasiswanya yang berjiwa totalitas dari tidak bisa menjadi bisa.

“Menurut saya yang menjadi kunci keberhasilan HIMADIKA  lolos dalam PHP2D adalah, judul yang kami pilih sangat menarik sehingga membuat orang penasaran, sistematika penulisannya juga sesuai dengan format yang diberikan, kekompakan dalam tim menjadi pendukung suksesnya program ini dan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan yang ada dilapangan harus benar-benar dirancang dalam pengajuan proposal PHP2D agar tim penilai dan masyarakat umum dapat bayangan mengenai program tersebut,” ungkapnya.

Dalam pesan via chat whatsapp Siti Suprihatiningsih mengungkapkan bahwa dia bangga bisa membimbing HIMADIKA sampai lolos program PHP2D 2021 sehingga mahasiswa dapat berkontribusi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Jangan pernah mengatakan saya tidak bisa akan sesuatu hal sebelum mencobanya. Sebab jika menyerah sebelum bertanding akan membuat kita tertinggal jauh. Lalu, jangan pernah mengutamakan ego dalam kerja tim, kerjakan selagi masih ada kesempatan, berilah selagi masih ada kesempatan, berilah selagi masih memiliki dan kerahkan semua pikiran mu focus akan hal yang pokok. Kedepannya harapan saya, bidang kemahasiswaan dapat mengupayakan klinik proposal dalam mempersiapkan tawaran-tawaran hibah kemahasiswaan di tahun 2022. Untuk unit kemahasiswaan yang belum lolos di tahun ini jangan patah semangat. Tahun-tahun berikutnya pasti bisa lolos. Semangat!!!” pesan Rian dan Siti Suprihatiningsih.

Oleh: Jerri Gotaru – Tim Media Center STKIP Pamane Talino

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: