Juni 21, 2024

Hadiri Launching Kampung Moderasi Beragama, Heri Saman : Hargai Perbedaan !

0

TariuNews.com, LANDAK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak Heri Saman, S.H.,M.H., menghadiri Kegiatan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Landak Tahun 2023 yang bertempat di Rumah Adat Melayu Karangan. Senin, (17/07/2023).

Turut hadir Kakawil Kemenag Prov Kal-Bar, Pj. Bupati Landak diwakili Asisten Pemerintahan dakn Kesra Sekda Landak, Kakan Kemenag Kab. Landak, Camat Mempawah Hulu, Polsek Mempawah Hulu, Danramil Mempawah Hulu, Kepala Desa se-Mempawah Hulu, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Landak, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Landak Heri Saman, mengatakan sebagaimana yang dirumuskan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan menurut para ahli, bahwa moderasi beragama berarti cara jalan tengah, seseorang tidak ekstrim dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya.

“Moderasi beragama merupakan konsep yang menekankan pada sikap saling menghormati dan tolerasi diantara kelompok agama yang berbeda, konsep ini mengajarkan setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya masing-masing, tanpa adanya tekanan atau intimidasi dari pihak lain. Dari sini kita menemukan semacam “benang merah” hubungan antara nilai-nilai warisan pendahulu kita dengan konsep dan aflikasi moderasi beragama itu sendiri.” Ujar, Ketua DPRD Landak Heri Saman.

Selain itu Heri Saman juga mengatakan, Masyarakat Kabupaten Landak tidak boleh puas dengan kondisi dan situasi di Kabupaten Landak hingga pada saat ini sangat kondusif.

“Namun kita tidak boleh berpuas diri apalagi lengah, oleh sebab itu senantiasa wajib berikhtiar melalui berbagai sikap atau tindakan diantaranya menghargai perbedaan, meningkatkan pemahaman agama, menciptakan dialog, menjaga sikap tenang dan tidak terprovokasi, dan mempraktikkan nilai-nilai agama.” Tutur, Heri Saman.

Heri Saman juga mengajak organisasi tetap bersemangat aktif dan menjalin kerja sama.

“Mendorong beberapa forum yang sudah dibentuk di Kabupaten Landak, diantaranya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Daerah (FKDD), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), dengan segala keterbatasannya agar tetap bersemangat, aktif, dan menjalin kerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan program kegiatan.” Himbuh, Heri Saman.

Ketua DPRD Landak Heri Saman, berharap semoga Launching Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Landak Tahun 2023 menjadi salah satu momen untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 karena dengan hal tersebut diyakini mampu menciptakan suasana yang kondusif dalam kita meraih keuntungan bonus demografi tahun (2030-2040).

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: