Ming. Sep 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Kapolres Landak Minta Personilnya Laksanakan Tugas Secara Profesional

TariuNews.com, Polres Landak, Polda Kalbar — Kapolres Landak AKBP Stevy Frits Pattiasina,S.I.K.,S.H.,M.H memimpin pelaksanaan Apel Pagi personel Polres Landak yang digelar di Halaman Mapolres Landak, Senin (30/5/2022).

Dalam apel yang diikuti oleh Wakapolres Landak, para Kabag, Kasat, Perwira dan seluruh personel Polres Landak, Stevy menyampaikan sejumlah arahan, salah satunya terkait instruksi Kapolri yang meminta anggota polri untuk bertindak secara profesional dan proporsional ketika bertugas di lapangan.

Hal itu menurut Stevy perlu diperhatikan oleh setiap personel Polri mengingat setiap tindakan memiliki SOP yang harus dilaksanakan agar tindakan yang diambil tak menimbulkan hal-hal kontradiktif di kemudian hari.

“Khususnya berkaitan dengan upaya paksa, perhatikan betul-betul SOP-nya. Jangan sampai ada tindakan yang berlebihan atau bahkan yang melanggar HAM. Walaupun sampai saat ini belum terjadi di kita (Polres Landak) agar hal ini dapat menjadi perhatian kita semua,” tegasnya.

Tak hanya fungsi yang berkaitan dengan tindakan upaya paksa, Stevy juga meminta seluruh kegiatan yang dilaksanakan agar betul-betul dilakukan dengan profesional dan proporsional.

“Seperti pada saat dakgar (penindakan pelanggaran) lalu lintas, ada SOP bagaimana cara memberhentikan pengendara, kita juga diatur bagaimana cara berkomunikasi hingga penilangan. Nah ini agar rekan-rekan perhatikan dan laksanakan,” lanjutnya.

Ditambahkannya, “Untuk pelayanan publik dan kegiatan lainnya. Lakukan tugas sesuai dengan SOP. Selain menghindari adanya pelanggaran, dengan memperhatikan SOP yang ada tentu akan membuat kegiatan rekan-rekan menjadi lebih maksimal.”

Meskipun demikian, dirinya juga meminta personelnya agar tak alergi untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian ketika menemukan adanya gangguan Kamtibmas.

“Meskipun segala tindakan kita ini dibatasi, jangan sampai rekan-rekan malah acuh dan tak mengambil tindakan ketika menemukan gangguan Kamtibmas,” sebutnya.

Stevy pun mengingatkan personelnya terhadap tugas pokok dan fungsi Polri, yaitu memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan menjadi pelindung, pengayom dan pelayan bagi masyarakat.

“Untuk itu, saya tegaskan kembali agar kita sebagai anggota Polri selalu mengingat apa yang menjadi tupoksi kita dan perhatikan SOP yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Humas Polres

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: