Ming. Sep 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

WVI Adakan Pelatihan Literasi Bagi 76 Tenaga Pendidik di Landak

TariuNews.com, Landak – Wahana Visi Indonesia ( WVI ) melalui Program Organisasi Penggerak ( POP ) kembali menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga pendidik di 28 Sekolah dampingan. Diikuti sebanyak 76 tenaga pendidik, kegiatan pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) Tahap 1 ini berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 13,14, dan 20 Mei 2022. Program Organisasi Penggerak (POP ) adalah program kerja sama Wahana Visi Indonesia bersama Kemendikbudristek dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak yang bertujuan untuk melatih para tenaga pendidik di sekolah dampingan dalam peningkatan kapasitas pengajaran membaca siswa, dimana langsung difasilitasi oleh para fasilitator terlatih dari Wahana Visi Indonesia dan para master teacher yang sudah dibekali sebelumnya.

Dalam arahannya, Hotmianida Panjaitan, selaku National Project manager POP WVI menjelaskan bawah POP Tahun 2022 ini merupakan tahun ke 2 dilaksanakan di Landak.”Kami Wahana Visi Indonesia sangat senang akan antusias Bapak Ibu guru dalam mengikuti pelatihan wahana literasi. Pelatihan ini akan dikatakan baik jika Bapak Ibu menerapkan ilmu yang didapat dalam melakukan proses belajar di kelas, sehingga anak-anak kita dapat meningkatkan kemampuan membaca”, ucap Hotmianida.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Hery Mulyadi, turut menyampaikan dukungan penuh terhadap program POP ini. “Saya berharap pelaksanaan KKG ini dapat bermanfaat bagi guru-guru yang tergabung, terutama guru-guru di 28 sekolah sasaran POP dari WVI. Tentunya materi dan bahan yang dibahas di setiap pertemuan KKG bisa dimanfaatkan dan diaplikasikan oleh guru yang bersangkutan di sekolah nya masing-masing yang akhirnya bisa meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di sekolah masing-masing”, papar Hery.

Selama Pelatihan berlangsung, tampak para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, Sofia, salah satu peserta pelatihan yang berasal dari SDN 15 Tebedak saat dihubungi oleh media ini menyampaikan sangat senang bisa mengikuti pelatihan KKG dari WVI.”Banyak yang tidak tau menjadi tau, disini kita diajari untuk belajar menggunakan alat peraga, serta bagaimana mengajari siswa membaca dengan cara yang benar di kelas 1, kita juga diajari cara menilai perkembangan anak dalam belajar di kelas, dan kami siap mengikuti pelatihan selanjutnya jika diadakan kembali”, ungkap Sofia.

KKG Tenaga Pendidik Bagi Guru Sekolah Dasar oleh Wahana Visi Indonesia.

Demikian pula disampaikan oleh Salbiah, Guru SDN 03 Karangan, salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa guru yang mengajar di SD sangat merasa terbantu dengan adanya pelatihan KKG ini. Apa yang belum kami dapat dari sekolah dimana kami mengajar, nah disitulah kami dapat banyak pengalaman. “ Yang belum kami dapat di sekolah, kami dapat di pelatihan ini. Kami banyak juga dibuka pikirannya gimana cara mengajar yang lebih baik lagi, kami dibimbing bagaimana menjadi guru yang tidak monoton, dengan adanya kegiatan ini kami juga disuruh bagaimana mengajar yang tidak membosankan bagi anak yang belum bisa membaca”, ucap Salbiah.


Salbiah menambahkan, melalui pelatihan ini, mereka juga dapat mengenali bagaimana kesadaran fonemik itu, bagaimana cara menyusun bunyi-bunyi dalam lisan, nah kami juga dapat ilmu bagaimana membuat kata berirama bahkan menjodohkan kata berirama, sangat banyak ilmu yang dapat saya ambil dari pelatihan tersebut, tutupnya.

Penulis : Dodi

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: