Maret 29, 2024

Tanam Sejuta Pohon, Bupati Karolin : Kita Bersama Menjaga Lingkungan

0

TariuNews.com, LANDAK – Dalam rangka memperingati HUT 65 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Forkopimda Landak dan PKK Kabupaten Landak melakukan penanaman sejuta pohon yang merupakan kerjasama dari PKK Provinsi Kalimantan Barat, di Kecamatan Jelimpo, Jum’at (21/01/22) sore, yang sebelumnya Bupati Landak juga sudah melakukan penanaman pohon di kecamatan Menjalin.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa program penanaman sejuta pohon ini menjadi hal yang sangat positif yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tertama pada moment ulang tahun yang 65 ini, karena sebagai upaya menjaga lingkungan di Kabupaten Landak.

“Oleh karena itu, Bapak Gubernur meminta kita menanam pohon sebagai upaya kita bersama dalam menjaga lingkungan. Saya dan PKK merencanakan tempat penanaman pohon ini akan kita jadikan kebun PKK, hanya saja belum terwujud sampai saat ini. Semoga bisa segera terwujud agar dapat menjadi kebun percontohan, dan juga kita berharap dengan adanya penanaman pohon ini untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan,” ucap Karolin.

Bupati Karolin menjelaskan dengan gerakan penanaman sejuta pohon ini menjadi langkah diawal tahun untuk menjaga ekosistem alam secara bertahap, karena saat ini adanya perubahan iklim dan kurangnya tutupan lahan di Kalimantan Barat tersebut yang menyebabkab beberapa bencana di Kalimantan Barat termasuk di Kabupaten Landak.

“Walaupun sejatinya orang kalimantan itu identik dengan sungai dan orang dipinggir sungai itu biasa dengan banjir, makanya zaman dahulu mereka membuat rumah panggung. Namun kita mencermati adanya perubahan iklim, pergeseran musim dan juga kurangnya tutupan lahan di Kalimantan Barat ini sehingga meyebabkan banjir yang cukup banyak memakan korban secara ekonomi serta membuat kita semua sangat prihatin, termasuk di Kabupaten Landak dibeberapa tempat juga rawan banjir,” terang Karloin.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Landak Cisilia Vianny Alexander dalam laporannya menerangkan bahwa pelaksanaan penanaman sejuta pohon dilaksanakan serentak di 13 kecamatan di Kabupaten Landak dengan pembiayaan dari Pemerintah Kabupaten Landak dan tujuan pelaksanaan penanaman sejuta pohon tersebut merupakan salah satu bagian dari 10 Pokok Program PKK yakni pelestarian lingkungan hidup.

“Pelaksanaan penanaman sejuta pohon dilaksanakan secara serentak di 13 Kecamatan di Kabupaten Landak dengan jumlah pohon 1500 pohon. Melalui gerakan penanaman sejuta pohon di Kabupaten Landak dapat ikut serta menjaga kelestarian di Kabupaten Landak dan ikut melaksanakan 10 pokok program PKK dalam hal ini adalah pelestarian lingkungan hidup,” ungkap Cisilia.

Media Center Pemkab Landak

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: