Maret 29, 2024

Desa Engkadu Adakan Musdesus BLT DD Covid-19

0

TariuNews.com, Landak – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Engkadu Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak hari ini hampir memasuki tahap final. Sebelumnya pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka memerangi bencana wabah Covid-19 sudah menyalurkan bantuan-bantuan seperti BST, BPNT, PKH, Kartu Pra Kerja dan bantuan lainnya kepada para penerima manfaat di wilayah Kabupaten Landak. Khusus BLT, hari ini Jumat (12/06), bertempat di Aula Kantor Desa Engkadu dilaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penetapan calon penerima manfaat BLT DD Engkadu dihadiri Pendamping Lokal Desa, Tenaga Ahli Pendamping Desa, PD Teknik, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping PKH, BPD Engkadu, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan TIM pendata BLT Desa Engkadu.

Dalam sambutannya, Andirius Kepala Desa Engkadu menyampaikan kepada semua peserta Musyawarah bahwa pihak pemerintahan desa Engkadu sudah membentuk tim pendata dan tim sudah melakukan pendataan di tiap Dusun yang terdiri dari Kepala Dusun, RT maupun Anggota BPD. ” BLT Dana Desa kita sesuai aturan pemerintah diambil dari dana desa sebesar 35 %, 259 Kepala Keluarga Penerima Manfaat, kita data bagi yang benar-benar membutuhkan, karena aturan pemerintah membatasi, maka tidak semua yang mendapat, jadi mohon pengertian kepada kita semua”, tegas Andirius.

Hal ini dipertegas pula oleh Jimi Damiano, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Landak bahwa BLT Dana Desa adalah sesuai aturan pemerintah yang termuat dari Permendes,Permendagri,Surat Keputusan Bupati Landak terkait bencana Covid19, dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia. “Di Landak kita sedikit ketinggalan terkait dengan penyaluran BLT ini, karena regulasi yang begitu banyak dan kita harus cermati terlebih dahulu dengan sebaik baiknya, namun kita tetap laksanakan sesuai aturan pemerintah dan harapan kami desa harus transparan dan setelah penetapan buat baliho besar dan dipasang ke kantor desa”, ucap Jimi.

Camat Ngabang, yang di wakili oleh Bapak Asran menyampaikan bahwa penyaluran tahap pertama BLT Desa silakan Aparatur Desa di atur,karena diperkenankan secara tunai atau tidak melalui rekening “Pesan pak Camat, silakan daftar Keluarga Penerima Manfaat setelah ini sampaikan ke Kecamatan dan akan kami sahkan”, tutur Asran.

Disela-sela sambutannya Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Engkadu menyampaikan bahwa warga diharapkan tetap tenang dan tertib, jangan ada polemik di masyarakat, selesaikan secara musyawarah, Tuhan sudah memberi rezeki masing-masing,jangan memaksakan kehendak jika ada yang tidak menerima.

Penulis : Dodi

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: