Maret 28, 2024

Pemkab Landak Mulai Latih Tenaga Kesehatan Untuk Ambil Sampel Swab COVID-19

0

TariuNews.com, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak mulai melakukan terobosan terkait penanganan COVID-19 dengan melatih tenaga kesehatannya agar bisa mengambil sampel swab pemeriksaan COVID-19 melalui kegiatan On The Job Training bagi analis Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Pratama yang digelar di Hotel Hanura, Selasa (09/06/20).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak Subanri, S.Si., M.Kes dengan menghadirkan langsung narasumber dari Laboratorium kesehatan (Labkes) Pontianak sebanyak 3 orang, dan dihadiri peserta terdiri dari Analis Puskesmas sebanyak 22 orang, 7 orang Analis RSUD Landak, 1 Analis Klinik Santa Elisabeth, 1 orang Dokter Spesialis Patologi Klinik, dan 1orang Dokter Umum.

“Kita hadirkan narasumber langsung dari Labkes Pontianak untuk melatih tenaga medis kita agar kedepannya semua PKM mempunyai analis yang bisa mengambil sampel swab,” kata Subanri kepada Media Center.

Sementara itu Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam penanganan COVID-19 terutama terkait pengambilan sampel swab yang dilakukan oleh tenaga medis di Kabupaten Landak.

“Semoga ini jadi titik nol untuk memulai pengambilan swab di Puskesmas dan Rumah Sakit demi meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan COVID-19, ” kata Karolin.

Lebih lanjut Bupati Landak yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa dengan kesiapan SDM tersebut juga sekaligus mempersiapkan upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan BPKP terkait teknis upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM) agar dapat digunakan untuk pemeriksaan COVID-19. Nah, sekarang SDM yang kita upgrade juga agar dapat mempercepat proses penanganan COVID-19 di Kabupaten Landak,” jelas Karolin.

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: