Sel. Des 6th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Cegah Covid-19,Warga Semata Adakan Ritual Adat Tolak Bala

TariuNews.com, Ngabang – Warga Dusun Semata Desa Temiang Sawi Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak adakan ritual adat Tolak Bala dalam rangka cegah Covid-19 (22/03). Dihadiri puluhan warga, pengurus adat Pasirah, Pangaraga, dan Kepala Desa Temiang Sawi,acara berlangsung dengan lancar.

Pak Anas, sebagai Kepala ‘Tompok Radang’ atau orang yang dituakan dalam kampung Semata ini menuturkan bahwa sebagai masyarakat adat sudah sepantasnya kita melaksanakan ritual baremah ini sesuai arahan Dewan Adat kita. “Ini merupakan tradisi leluhur kita, tiap kali ada kejadian – kejadian yang luar biasa atau membahayakan, kita perlu minta pertolongan dan perlindungan ka Jubata agar terhindar dari segala gangguan atau musibah”, ungkapnya. Ia menambahkan, kepada masyarakat semua agar mematuhi aturan dan larangan saat masa balala, tidak boleh sembelih hewan yang berdarah,tidak boleh keluar kampung, bunyi bunyian, bersiul,dan bekerja selama satu hari mulai sore ini sampai besok sore.

Demikian pula disampaikannya oleh Kepala Desa Temiang Sawi terpilih,F.Mari, wabah Convid-19 ini bukan main – main. ” Warga diimbau jangan kumpul -kumpul di tempat keramaian, tempat hiburan dan lainnya, kita dengar di sosial media dan berita banyak yang sudah meninggal, ini bukan hanya di Indonesia tetapi Dunia”, tegas Pak Kades. Mari juga menyampaikan agar selama balala warga tetap tenang dan jangan cemas, jaga kesehatan, untuk urusan administrasi penduduk silahkan hubungi via online atau telpon.

Penulis : Dodi

Editor. : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: