April 20, 2024

Askiman Hadiri Peringatan HUT DWP Sintang Ke-20

0

TariuNews.com, Sintang – , Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menghadiri peringatan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sintang ke-20 tahun 2019 yang mengusung tema “optimalisasi kinerja DWP sebagai mitra strategis pemerintahan untuk suksesnya pembangunan Nasional” di Gedung Pancasila Sintang, Selasa (10/12/19) pagi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan peringatan ini telah setiap tahun diadakan, oleh karena itu dalam prosesnya, peringatan ini bukan hanya sekedar untuk ceremonial saja, namun untuk mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran keluarga, secara khusus peran para ibu dan perempuan khususnya para istri Aparatur Sipil Megara (ASN) dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

“dengan memiliki keluarga khususnya keluarga para aparatur daerah kita yang sehat dan sejahtera artinya kita telah memiliki modal sosial yang sangat besar untuk mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera pada tahun 2021″kata Askiman.

Askiman pun menjelaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan merupakan pribadi mandiri dan kreatif harus mampu meningkatkan kinerja suami dan memperlancar tugas suami. Terlebih banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan sebagai istri maupun ibu, kesempatan terbuka seluasnya bagi perempuan untuk maju dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman.

“sehingga perempuan mampu memberikan pendidikan karakter sejak dini dan menyiapkan mental anak di era globalisasi. kiranya sebagai istri asn bisa menjadi motivator aktif di masyarakat, dalam menjaga kualitas dan ketahanan keluarga serta dapat membantu program pemerintah kabupaten sintang dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten sintang”terang Askiman.

Lebih lanjut Askiman menjelaskan, seperti diketahui saat ini, Indonesia akan masuk fase bonus demografi, dimana keseimbangan proposi usia produktif dapat menjamin kehidupan usia tak produktif, yaitu anak-anak dan usia manula. Jika usia produktif bangsa Indonesia ini tidak berkualitas, bahkan menjadi beban negara, maka masa depan negara sangat meragukan. Bonus demografi adalah kesempatan sekaligus juga tantangan bagi kaum perempuan untuk melahirkan generasi yang cerdas. Oleh karena itu, DWP harus terus ikut meningkatkan peran perempuan, membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih cerdas. Kaum perempuan harus mampu mengangkat sumber daya manusia Indonesia untuk bersaing di era yang berskala Internasional. Untuk itulah DWP Kabupaten Sintang juga harus terus berkiprah membantu pemerintah demi kemajuan daerah, bangsa dan negara. Saat ini, DWP memegang peranan penting dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan kaum perempuan di kancah ketahanan keluarga dan bangsa. Perempuan sendiri memiliki peranan yang sangat penting, tanpa dukungan perempuan, kaum pria yang dalam hal ini adalah suami, tidak memiliki kekuatan yang memadai untuk menciptakan keluarga yang sejahtera.

“sebagai istri asn, dwp harus profesional, untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid dari setiap anggota dwp. dengan demikian peran perempuan dalam pembangunan bangsa akan dapat terwujud, selain itu juga dwp harus mampu menjadi contoh yang baik dan mampu memberikan spirit yang luarbiasa bagi lingkungan sekitar dan dimanapun berada, sehingga peran sebagai ibu rumah tangga dan peran sebagai wanita diluar keluarga memberikan peran yang besar bagi pembangunan daerah atau bangsa”ucap Askiman.

Selain itu juga Askiman meminta untuk kedepannya kegiatan HUT DWP ini terkhusus untuk lomba memasak harus mampu menggali atau mengangkat makanan khas atau kue tradisional Kab. Sintang, sehingga kedepannya akan menjadi ikon, jika turis atau tamu yang datang ke Sintang bisa menikmati bahkan membelinya untuk dibawa menjadi buah tangan.

“Sebagai contok tempoyak dan sambal salai, saya pernah hadir acara gastronomi di kementrian sekretariat negara,kemudian mereka minta kita sediakan makanan khas sintang, saya gurau aja di forum itu, mau nda makan tempoyak dan sambal salai, lalu dalam perlombaan itu kita diikut sertakan, ternyata mendapatka sambutan yang luarbiasa, sampai orang jepang,korea ,jepang pesan tempoyak yang sudah dimasak itu”ungkap Askiman.

Askiman juga berpesan bahwa di jaman kemajuan teknologi di era saat ini seperti smartphone yang semakin canggih, dimana dalam kehidupan saat ini kita masing-masing sering di sibukan sendiri dengan hal tersebut, sebagai salah satunya di lingkungan keluarga. Untuklah dirinya meminta anggota DWP jika sudah di rumah harus secara total memberikan perhatian kepada keluarga.

“Kita kalau di rumah itu, sering sibuk dengan hp masing-masing baik itu anak, istri dan suami, sampai kita lupa berinteraksi langsung antar sesama, nah ini yang harus kita jaga, coba kalau di rumah kita berikan waktu yang totalitas untuk keluarga,lepaskan semua hal yang berkaitan dengan hp, boleh main hp, tapi jangan terpaku,ingatlah kita ada. Anak, ada istri, ada suami yang harus kita beri perhatian. Jangan sampai kita jadi apatis atau bersifat acuh tak acuh”pesan Askiman.

Ketua Panitia Kegiatan, Magdalena Imakulata Palentinus mengatakan tema yang di usung dalam kegiatan ini adalah optimalisasi kinerja DWP sebagai mitra strategis pemerintahan untuk suksesnya pembangunan Nasional. “kita ingin kaum wanita secara khusus dharma wanita persatuan Kab. Sintang benar-benar memberikan kontribusinya untuk pembangunan daerah, kita tidak ingin wanita hanya menjadi penonton, tapi turut berperan, setidaknya harus di mulai dari lingkungan keluarga”ucap Magdalena.

Magdalena menjelaskan bahwa berbagai rangkaian kegiatan telah di laksanakan dalam HUT DWP Kab. Sintang ini seperti kunjungan ke RSUD Ade M. Djoen Sintang khususnya di ruang anak kelas tiga, anjangsana ke TK Pertiwi sekaligus penyuluhan tentang makanan sehat untuk anak.

“kemudian senam masal dan jalan santai, lomba fashion show tenun ikat khas Sintang, lomba masak dengan bahan dasad mie tiaw, penyerahan cinderamata bagi warakauri atau istri pensiunan ASN atau janda ASN yang ada di lingkungan Pemkab. Sintang, penyerahan santunan pendidikan bagi anak ASN”jelas Magdalena.

Hadir dalam acara ini, unsur Forkopimda Kab. Sintang, unsur Pimpinan OPD Kab. Sintang, anggota DWP Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya.
(Alex)

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: