Sen. Okt 3rd, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Penting Ya Girl,Beberapa Makanan Yang Harus Kamu Hindari Saat Menstruasi

Tariunews.com-Lifestyle,

hai girl,Menstruasi biasanya menjadi ritual bulanan yang memiliki hubungan love and hate relationship bagi para cewek.benar ngak sih? nah,di satu sisi, siklus menstruasi yang lancar bisa jadi pertanda bahwa reproduksimu sehat. Namun di sisi lain, saat haid, banyak hal nggak enak yang harus kamu rasakan. Mulai dari kram, mood naik turun, bahkan hingga perut kembung.

Nah, maka dari itu, agar nggak memperparah hal ini, asupan makan dan minum juga harus kamu jaga, lho. Yuk simak daftar makanan yang ternyata nggak boleh kamu konsumsi saat haid di bawah ini!
 

Makanan dan minuman dengan kafein seperti kopi

Saat sedang haid, sebisa mungkin hindari konsumsi kafein ya, Ladies. Bukan hanya kopi, namun kamu juga harus menghindari teh, biji cokelat, bahkan soft drinks. Mengurangi kafein bisa membantu mengurangi nyeri pada payudara dan perut kembung.

Selain itu, kafein sendiri bisa memicu rasa gelisah, cemas, dan sulit tidur, hal ini berpengaruh besar pada perubahan mood. Kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung, tentunya kita nggak mau terkena maag saat menstruasi kan? Rasa sakitnya bisa dobel!
 

Makanan dan minuman dengan kafein seperti kopi

Makanan dengan gandum olahan

Konsumsi makanan yang mengandung gandum olahan juga sebisa mungkin dihindari. Kandungan dalam gandum olahan ini bisa mempengaruhi gula darah dan nafsu makan. Akibatnya akan menimbulkan efek kurang enak selama haid. Kamu harus menghindari makanan manis dengan gandum olahan seperti kue, roti putih, dan olahan roti manis lainnya. Lebih baik konsumsi gandum murni eperti oatmeal atau nasi merah.
 

Makanan dengan gandum olahan

Makanan berlemak

Saat haid kamu juga harus menghindari makanan berlemak karena akan menyebabkan kembung yang mengganggu. Makanan berlemak tersebut di antaranya fast food, keju, sosis, daging asap, makanan bersantan, dan makanan yang digoreng dalam waktu lama. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan berlemak nggak jenuh seperti alpukat, kacang, dan biji-bijian.
 

Makanan berlemak

Makanan dengan kadar garam tinggi

Selain makanan berlemak, kamu juga harus menghentikan konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Bahkan makanan ini harus kamu hindari sedari masa menjelang haid. Hal ini untuk mengurangi gejala kembung dan retensi cairan. Snack atau cemilan-cemilan ringan sebisa mungkin kamu coret lebih dahulu dari list makanan sehari-hari.
 

Makanan dengan kadar garam tinggi

Minuman yang mengandung alkohol

Terakhir, saat sebelum maupun sedang haid, kamu harus menghindari alkohol. Alkohol sendiri bisa memperburuk gejala PMS dan menyebabkan penurunan gula darah. Hal ini bisa menyebabkan kamu lebih sensitif, mudah marah, gelisah, mudah lelah, bahkan sakit kepala. So, hindari ya Ladies!
 

Minuman yang mengandung alkohol

Selain mengindari makanan di atas, ada beberapa makanan yang juga baik kamu konsumsi saat haid, lho. Di antaranya adalah makanan yang mengandung protein, serat, zat besi tinggi, dan kalsium. Kesimpulannya, menjaga asupan makanan dan minuman saat menstruasi itu penting, Ladies. Nah, supaya nggak salah makan, daftar 6 makanan di atas harus kamu catat baik-baik ya beibh!

Editor : JwS
 

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: