Sen. Des 5th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Sekitar 40 Ha Areal PT. IGP Terbakar, Tim Karhutla Kabupaten Diterjunkan

TariuNews.com, Landak – Kebakaran di areal PT. Ichtiar Gusti Pudi (PT. IGP) yang beralamat di Dusun Nahaya Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak diperkirakan mencapai 40 Ha. Dari Keterangan SM. PT IGP Wilayah 1, Syahril Rusyid kepada GSBP bahwa kebakaran tersebut sejak hari selasa tanggal 13 Agustus 2019. Awalnya hanya 0,20 Ha saja dan hari itu juga pihak perusahaan langsung menggerakkan tim Karhutla internal sehingga bisa dipadamkan. Namun esok harinya yaitu Rabu tanggal 14 Agustus 2019 titik api mulai terjadi kembali hingga hari ini Senin 19 Agustus 2019 meluas hingga 40 Ha.  

Pihak Manajemen Perusahaan bersama karyawan yang dibantu oleh Tim Karhutla Kecamatan Sengah temila terus berupaya melakukan pemadaman namun mengingat cuaca yang kurang bersahabat, pada hari Jumat tanggal 16 Agustus 2019 menjelang sore hari angin sangat kencang sehingga membuat tim pemadam yang berjumlah sekitar 60 personil mengalami kewalahan. Mengingat api terus meluas, akhirnya pihak perusahaan meminta bantuan dengan Tim Karhutla Kabupaten Landak. Turut juga Polsek Ngabang, Satgas Karhutla TNI Landak bersama BPBD Kabupaten Landak membantu pemadaman yang terus meluas. Personiil yang diturunkan hari ini yaitu dari Perusahaan 60 Personil di tambah para staf dan karyawan harian, BPBD Landak 14 Personil, TNI 4 Personil, Polsek Ngabang 2 Personil jadi diperkirakan lebih 100 personil. Sementara kendala di lapangan dalam proses pemadaman yaitu pada pukul 15.15 WIB angin bertiup kencang dan sumber air kurang memadai.

Tim pemadam kebakaran sedang berjibaku memadamkan api.

Ditempat yang sama Sudiansyah Manager Legal PT. IGP menyatakan bahwa pihak perusahaan telah berbuat semaksimal mungkin untuk melakukan pemadaman yang dibantu oleh Tim Karhutla Kabupaten Landak sehingga hari ini diperkirakan lebih 100 orang personil yang turun untuk melakukan pemadaman. Dari perusahaan sendiri telah mempersiapkan peralatan yaitu mesin robin 6 buah robin, 3 tangki Damkar 2 dibantu juga tangki CPO dan 2 alat berat exavator.  Pada pukul 18.00 WIB tim meninggalkan lokasi kebakaran, namun yang berhasil dipadamkam diperkirakan hanya 10 Ha. “Pihak perusahaan terus berjaga sampai tidak ada api lagi. Bahkan malam ini juga team dari BPBD ada yang nginap dilokasi. Lokasi kebakaran ada 3 titik hari ini tepatnya di Zom 142 yang arahnya pinggir sungai landak”, ungkap Sudiansyah.

Pihak perusahaan mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim yang telah membantu pemadaman hari ini yaitu kepada Kepolsian Polsek Ngabang, BPBD Kabuipaten Landak, Satgas Karhutla dari TNI Kabupaten Landak .

Sampai berita ini diturunkan memang masih ada titik api yang belum bisa dipadamkan namun diharapkan dengan hujan yang turun malam hari ini sangat membantu.

Penulis : Yusuf

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: