Jum. Agu 19th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pemkab Landak Adakan Pelatihan Penangkaran Benih Padi Bagi Petani

TARIUnews.com, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak Melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Tanaman Pangan (BBTP), Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan pangan (DPPKP) Kabupaten Landak mengadakan Pelatihan Penangkaran Benih Padi di Kantor UPTD BBTP Desa Tonang, Kecamatan Sengah Temila, Selasa (30/07/2019).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak Alpius dan dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sinaga, Koordinatior Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (POPT) Tetcun, Pengawas benih tanaman pangan Kabupaten Landak Benhard dan Lewin dan seluruh petani penangkar benih padi binaan UPTD BBTP.

Dalam sambutanya Alpius menyampaikan benih tanaman merupakan salah satu sarana budidaya tanaman yang mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam upaya peningkatan produksi dan mutu.

Menurut Alpius pertanian modern benih berperan sebagai paket keunggulan teknologi bagi petani, paket keunggulan teknologi tersebut harus terus berkembang dan dapat tersedia secara 6 tepat (varietas, mutu, jumlah, waktu, lokasi dan harga) bagi petani.

“Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya sistem perbenihan yang mantap dan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya industri benih nasional, ketersediaan varietas unggul baru (VUB) yang berdaya hasil tinggi yang telah dirilis cukup banyak, namun upaya penangkarannya untuk mendukung ketersediaan benih masih sangat terbatas, terutama pada sentra-sentra produksi tanaman pangan,” ujar Alpius.

Sementara itu pengawas benih tanaman pangan Benhard menjelaskan kepada para petani penangkar benih padi bahwa penggunaan benih varietas unggul baru (VUB) Padi bermutu akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian hasil padi yang tinggi.

“penanaman yang berasal dari benih bermutu akan menghasilkan pertumbuhan dan produktivitas yang lebih baik,” kata Benhard.

Diwaktu yang sama Koordinatior Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (POPT) Tetcun menyampaikan bahwa dari POPT Kabupaten Landak siap mengawal produksi pertanian khususnya para petani penangkar benih padi yang ada di Kabupaten Landak ini.

“dengan kerja sama yang baik dan komunikasi yang lancar saya yakin para petani penangkar benih binaan UPTD BBTP dapat meningkatkan produksi benih padi unggul,” jelas Tetcun. (Rilis)

Editor: Ronald

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: