Maret 29, 2024

Bupati Sintang Resmikan Rumah Bantuan Bagi Masyarakat Desa Swadaya

0

Tariunews.com, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH meresmikan sejumlah rumah bantuan yang dibangun di Desa Swadaya Kecamatan Ketungau Tengah, Kamis (28/03/2019).

“Kami tuk bah kasih dengan kitak, jadi pemerintah pusat melalui kami di kabupaten tuk membuatkan pembangunan rumah di tempat kita di pinggir-pinggir negeri ini,” kata dr. Jarot. “Di Ketungau kami memang mengarahkan pembangunan ke kanan mudik Ketungau ni,” tambahnya.

Hal ini juga yang memotivasi pemerintah mengusulkan untuk pembangunan jembatan Ketungau II. Beliau menyampaikan bahwa keberadaan jembatan akan semakin meningkatkan pertumbuhan infrastruktur dan pendidikan di kawasan sebelah kanan Ketungau.

“Saya sedih bah liat kalian, secara ekonomi kita ini mampu, banyak duit dari hasil lada tapi jalai kita tuk belum bait, anak-anak kita masih banyak yang belum sekolah,” kata dr. jarot di tengah pertemuan dengan warga masyarakat sebelum menuju rumah yang akan diresmikan.

“Hari ini kita bicara rumah, di Semareh kita akan bangun 61 dan Tanjung Sari dan Semangat, di Begelang Jaya dan Pandi Jaya juga akan dibangun, hari ini kita resmikan dulu yang sudah dikerjakan di Swadaya tuk bah,” kata dr.
Jarot. “saya bangga dengan warga Swadaya karna bisa mengoptimalkan bantuan yang pemerintah berikan, dana yang seharusnya untuk rehab tapi bisa digunakan untuk membangun yang baru,“ tambahnya di sambut dengan tepuk tangan oleh masyarakat yang hadir.

“Rumah tuk supaya kita makin sehat bah, kan di rumah-rumah itu kita juga bangun wc, supaya kita tuk ndak lagi BAB di kebun,” pesan dr. Jarot.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Sintang, perkim, Zulkarnain menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Desa Swadaya karna antusiasme masyarakat selama proses pembangunan rumah tersebut.

“Bantuan ini namanya bantuan rehab rumah kumuh, namun disini dengan dana tersebut masyarakat justru mampu membangun rumah baru,” terang pria yang akrab disapa Zul ini. “masyarakat menyediakan kayu dan tenaga kerja sehingga kita dapat membangun dengna baik, semangat inilah yang kami harapkan dari semua masyarakat penerima bantuan,” tambahnya.

Zul juga menyampaikan bahwa Desa Swadaya merupakan desa terbaik dalam implementasi program pembangunan rumah. Tahun 2019 Kabupaten Sintang menerima 1.500 lebih unit untuk program pembangunan bedah rumah.

“Kami mengurus perumahan rakyat, melakukan pengadaan optimalisasi sumber daya air bersih yang ada dan sanitasi,” ungkap Zul. “Tahun ini kita juga membantu program pemberantasan desa stunting 21 desa di 4 kecamatan,” terangnya lagi.

Camat Ketungau Tengah, Dakun mewakili masyarakatnya mengucapkan terima kasih atas bantuan perumahan kepada pemerintah.

“Kepada masyarakat yang mendapat bantuan perumahan, saya harap, peliharalah dan rawatlah rumah yang sudah kita dapatkan,” kata Dakun. “pemerintah sudah memulai untuk mengadakan barangnya, kita punya kewajiban memelihara semua bentuk bantuan yang kita terima,” tambahnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus dan sejumlah pejabat forkopimcam Ketungau Tengah.

Penulis : Alex

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: