Maret 28, 2024

Baby Blues, Sindrom Yang Menghampiri Ibu Pasca Melahirkan.

0

TARIUnews.com- Beberapa hari setelah melahirkan, Anda mungkin akan merasa murung, mudah menangis, dan mudah marah. Kondisi ini juga dikenal sebagai baby bluesBaby blues sangat umum terjadi. Sebanyak 8 dari 10 ibu mengalami perubahan pada mood-nya setelah melahirkan.

Anda mungkin akan merasa:

  • Khawatir dengan kesehatan bayi, walaupun bayi baik-baik saja
  • Gelisah
  • Tidak bisa konsentrasi
  • Lelah, tapi tidak bisa tidur
  • Mudah menangis tanpa sebab

Apa penyebab baby blues?

Baby blues diperkirakan terkait dengan perubahan hormon selama minggu-minggu awal kelahiran. Tubuh Anda akan mengalami banyak penyesuaian, seperti penurunan adrenalin yang Anda rasakan saat melahirkan bayi Anda.

Hormon kehamilan perlahan-lahan akan hilang saat Anda mulai memproduksi ASI. Pola makan Anda akan berubah. Bukan hanya perubahan pada fisik yang akan terjadi, tapi juga emosi Anda akan terpengaruh, karena tekanan dari tanggung jawab besar terhadap bayi Anda.

Kenyataan terhadap peran baru sebagai orangtua mungkin baru akan benar-benar Anda sadari setelah Anda meninggalkan rumah sakit dan menjalani beberapa hari pertama. Meskipun Anda senang menjadi seorang ibu, peran baru Anda dapat membuat Anda merasa tertekan.

Anda mungkin akan merasa kebingungan bagaimana merawat bayi Anda dan merasakan antiklimaks setelah melahirkan bayi Anda. Anda mungkin akan merasakan lelah dan sulit untuk bisa tidur cukup pada malam atau siang hari, bahkan jika keadaan memungkinkan.

Anda mungkin akan merasa kebingungan bagaimana merawat bayi Anda dan merasakan antiklimaks setelah melahirkan bayi Anda. Anda mungkin akan merasakan lelah dan sulit untuk bisa tidur cukup pada malam atau siang hari, bahkan jika keadaan memungkinkan.

Berapa lama baby blues berlangsung?

Jangan khawatir, keadaan Anda akan segera membaik. Baby blues bukanlah suatu penyakit dan biasanya hanya berlangsung beberapa jam atau hari. Anda mungkin akan merasakan puncak baby blues di antara hari ke-3 dan ke-5 setelah bayi Anda lahir.

Baby blues akan hilang dalam beberapa hari tanpa perlu mengunjungi dokter. Dengan istirahat yang cukup dan dukungan dari sekitar, Anda akan mulai merasa lebih baik.

Namun, jika Anda merasa depresi setelah sebulan atau lebih memiliki bayi, Anda mungkin mengalami Postnatal Depression (PND) alias depresi pasca-melahirkan. Jika Anda merasa mengalami PND, hubungi dokter yang dapat memberikan saran, dukungan, dan penanganan.

Bagaimana cara menolong seseorang dengan baby blues?

Jika Anda adalah pasangan, kerabat, atau teman dari seorang ibu yang menderita baby blues, yakinkan bahwa hal ini wajar terjadi. Ia mungkin merasa lelah dan tidak yakin dengan dirinya sendiri. Cobalah untuk:

  • Membantu mengatur waktu untuknya
  • Membantu memasak untuknya
  • Menyarankan untuk cukup beristirahat
  • Menyadarkannya bahwa ia adalah ibu yang baik
  • Membatasi tamu yang datang
  • Membiarkannya menangis jika ia membutuhkannya
  • Mendengarkannya

Yang terpenting adalah membuatnya merasa bahwa Anda akan selalu ada untuknya. Berikan juga ia kesempatan untuk memiliki waktu sendiri.

Sumber: hellosehat.com

Judul asli: Mengenal Serba-serbi Baby Blues

Editor: Ronald

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: