Juli 23, 2024

Pemkab Landak Gelar Sidak Pasar Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

0

TariuNews.com, Landak – Pemerintah Kabupaten Landak menggelar inspeksi mendadak (sidak) pasar dan distributor barang pokok dan dalam rangka jelang hari Raya Idul Adha tahun 1445 Hijriah, Kamis (13/06/2024).

Turun langsung melaksanakan sidak Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Anem, mewakili Sekda Kabupaten Landak didampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kumindag) Landak dan Tim Satgas Pangan Landak.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Landak Anem menjelaskan bahwa kegiatan sidak ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada saat menjelang hari-hari besar atau hari raya.

“Hari ini kita melakukan pengecekan ketersediaan dan harga barang menjelang Hari Raya Idul Adha pada hari Senin (17/6) nanti terutama persediaan dan harga barang pokok dan penting. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Landak dalam menekan lajunya inflasi di daerah khususnya di Kabupaten Landak,” ujar Anem.

Lebih lanjut Anem mengatakan bahwa sidak ini dilakukan untuk memonitor jika ada terjadi kelangkaan barang kebutuhan pokok sehari-hari.

“Setelah kita lakukan pengecekan, ketersediaan barang pokok dan penting masih banyak tersedia dan tidak ada kenaikan harga. Kami juga melakukan pengecekan masa kadaluarsa barang yang dijual di toko-toko dan kami tidak menemukan barang-barang yang lewat masa kadaluarsanya paling hanya mendekati,” papar Anem.

Anem berpesan kepada para masyarakat untuk tidak perlu khawatir akan kelangkaan barang maupun kenaikan harga barang.

“Kepada masyarakat untuk tetap tenang karena tidak ada kenaikan harga dan persediaan barang barang juga ada,” ucap Anem.

Pada tempat yang sama, Kepala Dinas Kumindag Kabupaten Landak Rosalia Elisabet menyampaikan kegiatan sidak kali ini dilakukan untuk mengecekan persediaan dan harga barang di pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga barang, khususnya barang pokok dan penting, menjelang hari Raya Idul Adha tahun 2024.

“Pertama kita melakukan pemantauan harga, apakah ada kenaikan disaat menjelang hari Raya Idul Adha dan juga kita melihat stok barang apakah masih cukup atau tidak, karena memang biasanya mendekati hari raya ini ada barang yang mengalami kelangkaan sehingga perlu dilakukan pengecekan. Sejauh ini masih aman tersedia tidak ada kelangkaan, seperti beras, minyak goreng, daging dan lain sebagainya. Untuk harga barang, dari hasil pengecekan pada hari ini tidak ada yang mengalami kenaikan harga, seperti harga daging sapi masih di harga Rp 160.000 dan tidak mengalami kenaikan,” tutur Rosalia.

Rosalia juga mengingatkan kepada pada pedagang untuk memantau masa kadaluarsa produk-produk makanan.

“Paling sebulan sebelum masa kadaluarsanya barang tersebut sudah harus di retur oleh pedagangnya jika tidak akan langsung kami berikan surat peringatan dan jika dilakukan kembali akan kami lakukan penindakan,” tegas Rosalia.

Rosalia juga mengingatkan kepada para pedagang untuk tidak bermain nakal dengan menimbung bahan-bahan makanan atau bahan-bahan pokok karena itu sangat merugikan masyarakat dan juga membahayakan pedagang itu sendiri.

“Kalau ketahuan terjadi penimbunan, sudah pasti pihak berwajib akan melakukan penindakan. Kemudian kepada masyarakat juga kami imbau untuk lebih berhati-hati dalam berbelanja dengan mengecek kapan tanggal kadaluarsa produk yang akan dibeli,” pesan Rosalia.

Menanggapi hal tersebut Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Tim Satgas Pangan Kabupaten Landak yang telah melaksanakan sidak pasar.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Tim Satgas Pangan Kabupaten Landak yang dipimpin Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kadis Kumindag Landak yang telah melaksanakan sidak pasar,” ucapnya.

Sidak pasar ini, lanjut Gutmen merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam memastikan stok sembako dan harga di pasaran tetap stabil.

“Tentu langkah ini perlu kita lakukan mengingat tidak lama lagi akan ada hari raya Idul Adha, diharapkan sidak ini bisa memberikan dampak kepada stabilitas harga dan mengantisipasi penimbunan yang dapat menyebabkan kelangkaan sembako,” tutup Pj. Bupati Landak

Kegiatan sidak dilaksanakan di beberapa titik yaitu di Jalan Tungkul, Pasar Jati, Pasar Laut, serta Jalan Pulau Bendu di Kecamatan Ngabang.

(Diskominfo Kab. Landak)

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: