April 21, 2024

Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan , Pemda Landak Gelar Gerakan Pangan Murah

0

TariuNews.com, Ngabang – Pj. Bupati Landak Samuel, SE., M.Si menghadiri Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan dalam Rangka Menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri 1445 Hijriah di Halaman Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak. Selasa (26/03/24).

Turut hadir Pj. Ketua TP PKK Kab. Landak, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Landak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalbar, Kepala DPPKP Kab. Landak, Kepala BAPPEDA Kab. Landak, Kepala BPS Kab. Landak, Kepala Dinas Kumindag Kab. Landak, Kepala Bagian Pembangunan dan SDA Perekonomian Kab. Landak, Camat Ngabang serta warga masyarakat.

Dalam sambutannya Samuel menyampaikan bahwa menjelang hari besar keagamaan nasional lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, kondisi harga pangan pokok strategis sedang mengalami kenaikan sehingga melatarbelakangi kegiatan ini sebagai salah satu upaya pengendalian harga pangan pokok strategis seperti beras, minyak goreng, gula, telur dan bawang.

“Kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya inisiasi dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Landak, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat dan PERUM BULOG Kanwil Kalbar, serta juga dengan pengusaha mitra selaku penyedia dalam kegiatan GPM ini,” ungkap Samuel.

Samuel atas nama Pemerintah Kabupaten Landak berharap agar kegiatan GPM ini dapat membantu warga masyarakat di Ngabang yang akan merayakan Hari Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kegiatan GPM dimaksudkan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan untuk mencegah dan atau menanggulangi gejolak harga pangan terutama pada saat menjelang hari raya dan tahun baru dengan tujuan untuk mengendalikan inflasi terutama inflasi komoditas pangan yang sejauh ini, Kabupaten Landak berhasil meraih peringkat 1 (satu) pengendali inflasi terbaik tingkat zona Kalimantan,” jelas Samuel.

Kemudian Samuel berharap kegiatan GPM ini dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat menjelang hari besar keagamaan.

“Dengan adanya kegiatan GPM ini, diharapkan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Landak senantiasa tersedia dalam jumlah yang memadai, bermutu baik, harga yang wajar serta tetap stabil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dengan baik,” harap Samuel.

Tidak lupa Samuel juga berpesan untuk tetap semangat dan produktif dalam melakukan pekerjaannya, terutama bagi pelaku usaha tani.

“Bagi pelaku usaha tani diharapkan untuk tetap selalu menanam di sawah/ladangnya agar kebutuhan pangan keluarga dapat terpenuhi, dimana saat ini sedang digencarkan kegiatan Gertam (Gerakan Tanam) salah satunya yaitu Gerakan Tanam Cabai mengingat harga cabai saat sedang tinggi,” tutup Samuel.

Penulis : Tim Liputan Diskominfo Kab. Landak

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: