April 21, 2024

Panen Padi di Angan Tembawang, PJ Bupati Landak Minta Petani Terus Menanam

0

TariuNews.com, Landak – PJ.Bupati Landak hadiri Panen Raya Padi di Desa Angan Tembawang Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak. Difasilitasi Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, turut hadir Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Unit Provinsi Kalimantan Barat Kementerian Pertanian RI,  Asisten II, Forkopimcam, Duta Petani Milenial Andalan Kementerian Pertanian RI, Ketua KTNA Landak, Kepala Dinas PMPD, Kepala Desa Angan Tembawang, dan Anggota Kelompok Tani Terus Maju. Senin, ( 18/03/2023).

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak Sahbirin menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada petani di Kabupaten Landak agar terus berupaya memperluas area tanam dan meningkatkan produktifitas pertanian terutama padi di Desa Angan Tembawang.

“Desa Angan Tembawang adalah daerah yang subur,  meski tidak menggunakan pupuk berlebihan, petani disini terbukti bisa panen padi, ditambah lagi sumber air yang melimpah”, ucap Sahbirin.

Sahbirin mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Kepala Desa Angan Tembawang karena sudah mempersiapkan acara dengan baik.

“Tahun lalu kelompok tani di sini sudah mendapatkan handtracktor dari Pak Bupati langsung, meskipun belum semua mendapatkan, paling tidak sudah ada, karena di Landak total ada 2.300 Poktan, jadi baru sekitar 40% terealisasi”, tambahnya.

PJ Bupati Landak, Samuel, menyampaikan bahwa saat ini sedang terjadi krisis pangan,bukan hanya Indonesia,tetapi juga Dunia.

“Bapak ibu tetap semangat mengolah lahan yang ada, secara keseluruhan masih defisit luas tanam di Landak, saya berharap jika memungkinkan habis panen ini, tanam lagi”, tegas Samuel.

“Dalam bertani, hal yang paling menentukan hasil baik yaitu semangat, pemerintah hanya mendorong dan memikirkan kebutuhan para petani, selebihnya tergantung kepada petani itu sendiri, jangan berhenti berproduksi,apalagi sekarang harga bahan pokok naik, satu sisi petani di untungkan, di satu sisi konsumen juga menjerit, tentu ini jadi perhatian kita bersama”, tambahnya.

Penulis/Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: