Sel. Des 6th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pj. Bupati Landak Hadiri Pelantikan IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti Tahun 2022-2025

TariuNews.com, LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel menghadiri Pelantikan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti Tahun 2022-2025, di Aula DPRD Kabupaten Landak. Jumat (07/10/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua IAKMI Provinsi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Landak, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Landak, Anggota DPRD Kabupaten Landak, Forkopimda Kabupaten Landak, Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak atau yang mewakili, para Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Landak, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan selamat kepada Ibu Margareta, SKM yang telah dilantik menjadi Ketua Cabang IAKMI Kabupaten Landak Masa Bhakti Tahun 2022-2025 dan juga kepada semua Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten Landak Masa Bhakti Tahun 2022-2025 yang baru saja dilantik.

“Semoga dengan dilantiknya Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten Landak, para ahli Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Landak ini dapat lebih mengembangkan ilmunya dalam mengabdi kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Landak,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengatakan bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Badan Dunia/WHO menyepakati bahwa diperolehnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya adalah hak fundamental bagi setiap orang tanpa membedakan ras, agama, politik yang dianut dan tingkat sosial ekonominya.

“Perubahan pemahaman konsep sehat dan sakit serta makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi telah menggugurkan paradigma kesehatan lama yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif digantikan paradigma pembangunan kesehatan baru, yaitu Paradigma Sehat yang bersifat proaktif,” tutur Samuel.

Ia juga menyatakan bahwa dalam pembangunan kesehatan, tenaga kesehatan masyarakat merupakan bagian dari sumber daya manusia yang sangat penting perannya guna meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi pada pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.

“Untuk itu perlu dipersiapkan tenaga terlatih di bidang promosi kesehatan termasuk pakar yang memahami sosiologi antropologi perilaku, ilmu penyuluhan dan lain-lain. Tenaga kesehatan masyarakat mempunyai peran strategis dalam mengubah perilaku masyarakat menjadi kondusif terhadap Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) melalui promosi kesehatan yang mengikuti 4 tahapan yaitu: memperkenalkan gagasan dan teknik perilaku sehat, melakukan identifikasi dan mengembangkan strategi perubahan perilaku sehat, memotivasi masyarakat sehingga terjadi perubahan perilaku sehat, dan memahami cara berkomunikasi serta merancang program komunikasi,” jelasnya.

Tidak lupa Samuel berharap dengan dikukuhkannya Kepengurusan IAKMI Cabang Kabupaten Landak terdapat wadah untuk para tenaga Kesehatan Masyarakat saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk bersama-sama maju membangun Kabupaten Landak dari berbagai arah.

“Harapan kami juga semoga kedepannya IAKMI Cabang Kabupaten Landak dapat menyusun program-program kerja nyata dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Landak, khususnya pembangunan di Bidang Kesehatan,” tutup Samuel.

( Diskominfo Kab. Landak )

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: