Rab. Feb 8th, 2023

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pemkab Landak Gelar Acara Launching Komunitas Kreativitas

TariuNews.com, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak menggelar Acara Launching Komunitas Kreativitas Bersama Perempuan (KIBAR) & Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak terkait Hari Batik Nasional, di Aula Besar Kantor Bupati Landak. Minggu (02/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Ibu-Ibu Komunitas Kreativitas Bersama Perempuan (KIBAR), Para orangtua pendamping peserta lomba mewarnai tingkat TK, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Pj. Bupati Landak yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Lodeni mengatakan bahwa perempuan adalah tonggak peradaban. Baik buruknya perempuan adalah baik buruknya suatu bangsa.

“Perempuan mempunyai peran sentral dalam peradaban suatu bangsa. Hal ini dapat kita lihat dari peran utamanya pada organisasi terkecil di suatu bangsa yaitu keluarga. Tak hanya hamil dan melahirkan, tetapi juga menjaga dan memberikan perhatian pada keluarganya,” ujar Lodeni.

Lebih lanjut, Lodeni menjelaskan bahwa perempuan adalah pemegang peran penting dalam pendidikan pertama bagi generasi penerus bangsa, juga mendampingi tumbuh kembangnya hingga dewasa.

“Perempuan juga menjadi support system bagi dalam berkarir dan berkarya di masyarakat. Bahkan saat ini banyak perempuan yang turut andil mengambil peran-peran penting di ranah publik yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya tapi juga bagi bangsa dan negaranya,” lanjutnya.

Lodeni menyampaikan bahwa KIBAR sebagai komunitas yang mewadahi kreativitas perempuan berupaya mengenalkan kepada anak-anak kita tentang warisan budaya yang telah diakui dunia internasional pada tanggal 2 Oktober melalui UNESCO yaitu batik.

“Mengingat budaya adalah sebuah citra dan identitas sebuah bangsa, maka perlu kita tanamkan kebanggaan pada anak-anak kita bahwa kita memiliki budaya yang beraneka ragam. Kita semua berharap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan KIBAR kedepannya dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dapat menjadi salah satu wadah yang berperan aktif demi kemajuan dan peningkatan potensi serta peran perempuan di masyarakat terutama di wilayah Landak ini,” tutur Lodeni.

Tidak lupa Lodeni berharap agar komunitas ini dapat memberi manfaat dalam membentuk semangat dan motivasi untuk terus berpartisipasi aktif dalam memajukan dan mengembangkan Kabupaten Landak.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Landak tetap memberikan dukungan dan support serta akan selalu memfasilitasi untuk terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Lodeni.

( Diskominfo Kab. Landak )

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: