Ming. Sep 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Dukung Ketahanan Pangan, Poktan Semata Tani Andalan Genjot Tanam Jagung dan Cabai

TariuNews.com, Ngabang – Kelompok Tani Semata Tani Andalan (STAND) Dusun Semata Desa Temiang Sawi Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak terus komitmen menjaga ketahanan pangan. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan dan acara yang telah dilakukan baik pengurus maupun anggota kelompok tani dalam aktivitas pertanian, salah satunya pada hari ini, Senin (05/09/2022), dilakukan tanam perdana jagung dan cabai di kebun salah satu pengurus Poktan Stand, Bapak Nikolaus Supin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak dalam hal ini hadir Kepala BPP Kecamatan Ngabang, PPL Desa Temiang Sawi, Kepala Desa Temiang Sawi, BPD Temiang Sawi, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Uji Tanah dari Pupuk Indonesia, dan anggota kelompok tani Semata Tani Andalan ( STAND ).

Ketua Poktan STAND, Supin, menyampaikan kelompoknya dalam segala keterbatasan terus berusaha untuk tetap menanam dalam upaya menjaga ketahanan pangan keluarga dan masyarakat luas. “Pasca pandemi Covid-19 dan adanya perang di beberapa negara, menyebabkan banyak negara diprediksi akan goncang karena terjadinya inflansi atau bahkan kelaparan, untuk itu, kami terus komitmen dan berjuang agar pangan dan horti tetap terjaga di Landak, hari ini rapat kelompok, sekalian paparan dari pihak dinas, serta kita akan lakukan uji tanah dari tim Pupuk Indonesia, tanam jagung dan cabai secara simbolis”, Ucap Supin yang juga sebagai Duta Petani Andalan Kementerian Pertanian RI ini.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Ngabang, Imanuel Suprianto, dalam sambutannya sangat bangga dan berterima kasih atas kerja keras dan usaha yang telah dilakukan oleh Poktan STAND.”Kami sebagai pemerintah tentu sangat mendorong dan mendukung apa yang dilakukan kelompok tani STAND, teruslah menanam, dan jangan lupa administrasi anggota kelompok juga harus rapi agar terdata di simluhtan dan erdkk, sehingga jika ada bantuan dari pemerintah akan mudah terdata”, papar Imanuel.

Demikian pula disampaikan oleh Mari, Kepala Desa Temiang Sawi, bahwa Desa tahun ini mengalokasikan 3 unit cultivator yang diambil dari Dana Desa. “3 Unit Cultivator akan dialokasikan kepada Kelompok Tani di Desa Temiang Sawi dari 20% anggaran Dana Desa, ini merupakan bentuk dukungan kami dari Pihak Desa agar petani di Desa Temiang Sawi terus maju dan sejahtera”, tegas Mari.

Turut hadir Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian RI yang juga Putra Daerah Desa Temiang Sawi Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, serta sebagai Pendamping Lokal Desa Temiang Sawi Firminus Dodi, pengurus Poktan Stand menyampaikan bahwa misi Petani untuk menjaga ketahanan pangan tidak mudah, maka diperlukan anak-anak muda untuk mau terjun ke dunia pertanian, anak muda akan lebih adaptif dengan perkembangan zaman serta teknologi, saat ini, 70% petani sudah di usia tua, 20 tahun ke depan, mereka akan pensiun, siapa lagi yang akan menggantikan mereka, kalau bukan kita yang muda”, ucap Dodi.

Dodi mengajak berbagai lintas sektor untuk bahu membahu, berkolaborasi ke pertanian, dengan kebersamaan, kita yakin, pertanian akan maju, dan masyarakatnya akan sejahtera.

Poktan Stand yang berdiri sejak tahun 2019 hingga saat ini terus eksis dan sudah membawa 2 pengurusnya menjadi Duta Petani Milenial dan Andalan dari Kementerian Pertanian RI yang aktif memberikan penyuluhan, motivasi, dan seminar – seminar di berbagai daerah baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional.

Penulis : Dodi

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: