Ming. Sep 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Staf Ahli Bupati Landak Anem : Gawai Dayak Dapat Dijadikan Ajang Promosi Budaya Masyarakat Suku Dayak

TariuNews.com, SEKADAU – Staf Ahli Bupati Landak Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Anem mewakili Pj. Bupati Landak menghadiri pembukaan Gawai Dayak ke XI Kabupaten Sekadau Tahun 2022 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno yang mewakili Gubernur Kalimantan Barat di Rumah Betang Youth Center Sekadau. Rabu (13-07-2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Bupati Kabupaten Sanggau, Bupati Kabupaten Sintang, Bupati Kabupaten Melawi, Perwakilan Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Perwakilan Bupati Kabupaten Bengkayang, Ketua DAD Seluruh Kabupaten se-Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Perwakilan Kejaksaan Negeri Sekadau.

Hadir juga Dandim 1204 Sanggau, Kapolres Sekadau, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Wakil Bupati Sekadau, Para Asisten Dilingkungan Pemda Kabupaten Sekadau, Kepala OPD, Kepala Badan, Kepala Kantor dan Kepala Bagian Dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sekadau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sekadau, Ketua Organisasi Wanita, Ketua Organisasi Pemuda, Ketua Adat, Ketua DAD Kecamatan se-Kabupaten Sekadau, Kepala Desa se-Kabupaten Sekadau, dan para hadirin yang mengikuti Gawai Dayak ke XI Kabupaten Sekadau Tahun 2022.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan selamat merayakan Gawai Dayak XI Kabupaten Sekadau Tahun 2022 kepada masyarakat Sekadau.

“Semoga kegiatan ini menjadi komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya dan adat istiadat Dayak yang menjadi kekayaan budaya masyarakat Kalimantan Barat dan mayarakat Indonesia,” ujar Frans.

Lebih lanjut, Frans turut mengajak para hadirin untuk tetap menjaga kesatuan, persatuan, keharmonisan, keamanan dan ketertiban serta terus melaksanakan protokol kesehatan dalam mengikuti kegiatan Gawai Dayak tersebut.

“Dalam kesempatan ini Saya juga mengajak seluruh pihak juga masyarakat Kabupaten Sekadau untuk menumbuhkan kepedulian guna mendukung perkembangan dan pelestarian seni dan budaya Dayak. Upacara gawai memiliki daya tarik bagi untuk mendatangkan pengunjung dan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan upacara tersebut,” ajak Frans.

Frans juga menyampaikan bahwa kegiatan gawai Dayak ini juga dapat mendorong dan menggerakkan sektor pengadaan terutama jasa transportasi, akomodasi, konsumsi, sovenir jasa pemandu wisata dan sektor lainnya yang mana akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Sekadau.

“Maka dari itu, Saya mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dan para pelaku usaha pariwisata agar upaya untuk mendatangkan pengunjung wisatawan terutama dengan dibukanya border perbatasan saat ini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dapat singgah ke Kabupaten Sekadau,” ucap Frans.

Sementara itu, Bupati Sekadau Aron menyampaikan kegiatan Gawai Dayak sudah menjadi program rutin dan merupakan event kebanggaan masyarakat dayak di Kabupaten Sekadau.

“Gawai Dayak telah menjadi salah satu sarana mengembangkan seni dan budaya menjadi atraksi yang memikat dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Adapun tema yang diangkat dalam pelaksanaan Gawai Dayak XI Tahun 2022 ini adalah ‘Melalui Gawai Dayak XI Kita Perkuat Eksistensi Masyarakat Adat dalam Pelestarian Tradisi dan Budaya Demi Terwujudnya Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat’,” ujar Aron.

Aron berharap kehidupan masyarakat Dayak selalu diwujudkan melalui sikap dan perilaku yang dilandasi nilai-nilai spiritual, religius dan berpegang teguh pada adat tradisional, Jujur dan selalu memelihara perdamaian, keamanan, jujur dan selalu memelihara perdamaian, dan keamanan

“Dan yang terpenting adalah melestarikan, mengembangkan, membina, serta memanfaatkan kebudayaan daerah sebagai modal dasar pembangunan sumber daya manusia melalui seni budaya,” lanjut Aron.

Di kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Bupati Landak Anem mewakili pemkab Landak menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah menyelenggarakan Gawai Dayak XI Kabupaten Sekadau Tahun 2022.

“Kegiatan ini sangat baik untuk mempromosikan budaya kita sebagai masyarakat suku Dayak. Semoga kedepannya kegiatan ini bisa semakin berkembang dan Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada kegiatan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau ini,” ujar Anem.

( Diskominfo Kab. Landak )

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: