Ming. Sep 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pj. Bupati Landak Buka Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Bagi Pemerintahan Desa

TariuNews.com, LANDAK – Pj. Bupati Landak menghadiri dan membuka secara resmi Acara Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Wilayah Kabupaten Landak Tahun 2022. di Aula Kantor Bappeda Landak. Senin, (13-06-2022).

Turut hadir dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Landak, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Kepala Kantor BPJS kesehatan Kabupaten Landak dan Kepala Desa Se-kabupaten Landak.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Samuel menyampikan bahwa Pemerintah Daerah melakukan berbagai strategi dalam berupaya untuk memperluas kepesertaan sistem Jaminan Sosial Nasional agar masyarakat dapat menerima langsung program ini.

“Strategi yang di lakukan antara lain dengan memperluas peluang kepesertaan diberbagai sektor hingga pada segmen Bukan Penerima Upah (BPU), Dalam skema pendanaan dari sistem ini yaitu menggabungkan beberapa sumber pendanaan di antaranya ialah iuran peserta dan pemberi kerja, anggaran pemerintah berupa APBN, APBD, APBDesa dan sumber pendanaan lainnya yang mempunyai potensi besar dalam mendukung implementasi bantuan sosial,” ujar Samuel.

Tidak lupa Samuel juga menyamaikan ucapan terimakasih kepada BPJS kesehatan yang selama ini sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Landak.

“Terimakasih kepada BPJS kesehatan yang selama ini sudah bekerjasama dan bersinergi baik dengan Pemerintah Kabupaten Landak, semoga kedepannya ada desa yang dibina secara khusus dan berkelanjutan untuk di jadikan Desa JKN,” ucap Samuel.

Samuel juga memberikan apresiasi kepada seluruh Kepala Desa yang sudah mendaftarkan diri dan perangkatnya sebagai peserta. Samuel meminta kepada para kepala desa yang belum mendaftar untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta.

“Untuk itu, bagi desa yang masih menyisakan peserta (kades dan perangkatnya) yang belum terdaftar, agar selesai dari kegiatan ini segera mendaftarkan dan melaporkannya kepada Bupati melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa,” tegasnya.

Samuel menyampaikan bahwa Penggunaan APB Desa yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu proses perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan oleh pemerintah desa harus di lakukan secara benar, sesuai dengan mekanisme yang sudah ditentukan, sehingga penggunaan APB Desa benar-benar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik di Desa,” terang Samuel.

Diakhir sambutannya Samuel meminta kepada peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga informasi yang di terima dapat di teruskan kepada masyarakat.

“Dengan demikian pengetahuan dan pemahaman tentang jaminan sosial kesehatan ini dapat di teruskan kepada jajaran pemerintahan desa dan masyarakat. Mari kita saling dukungan dan kerjasama untuk membangun Kabupaten Landak untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tutup Samuel.

Diskominfo Kab. Landak

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: