Sen. Mei 23rd, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Desa Mentonyek Deklarasi Stop BAB Sembarangan, Bupati Karolin : Ini Sangat Penting Untuk Masyarakat

TariuNews.com, LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan oleh Desa Mentonyek, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Camat Mempawah Hulu, Kapolsek Mempawah Hulu, Danramil Mempawah Hulu, Kepala Organisasi Perangkat Dearah (OPD) Kabupaten Landak, Camat se-Kabupaten Landak, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Landak, Kepala Desa Mentonyek dan masyarakat Desa Mentonyek, senin (09/05/22).

Dalam sambutan dan arahannya Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa buang air besar sembarangan menjadi urusan pemerintah ketika kebiasaan buang air besar tersebut belum sesuai dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sehingga dengan deklarasi ini memberikan pengumuman kepada masyarakat dapat meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

“Hari ini (Senin.Red) kita melakukan seremonial agar kita semua memberikan pengumuman kepada masyarakat agar menigkatkan kesadaran dan juga agar daerah-daerah lain juga meniru hal baik yang sudah dilakukan oleh Desa Mentonyek, Aparat Desa Mentonyek, Kades Mentonyek dan masyarakat Desa Mentonyek, jadi bisa menjadi contoh bagi desa yang lainnya,” ucap Karolin.

Bupati Landak menerangkan bahwa pemerintah terus menggalakkan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat, karena masih banyak masyarakat yagn belum sadar akan pentingnya hidup sehat baik untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitanya.

Bupati Karolin yang juga seorang dokter tersebut menjelaskan bahwa BAB sembarang dapat menggangu kesehatan lingkungan sekitar, karena ada bakteri dan kuman yang menempel dikotoran sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar prilaku baik yang sudah dilakukan masyarakat Desa Mentinyek dapat terus ditingkatkkan.

“Ini sangat penting untuk masyarakat Kabupaten Landak dan buat Saya orang landak yang jadi pimpinan, bahwa hidup sehat itu dasar untuk kita dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, jika sakit kita tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Sehat itu adalah modal utama kita untuk menjadi daerah yang maju, masyarakat yang maju, masyarakat yang pintar dan masyarakat yang berkualitas,” jelas Karolin.

Rilis Media Center Pemkab Landak

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: