Sen. Mei 23rd, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

BPPSDMP Kementan Berhasil Latih Milenial Kalsel, Arfan Sulaiman: Implementasikan Di Lapangan!!!

TariuNews.com, Tapin (15/04/2022) Program Youth Enterpreneur Support Service (YESS) milik Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian kembali mencerdaskan petani milenial.

Ini diwujudkan dengan diselenggarakannya Pelatihan Pendampingan Literasi Keuangan bagi Staff Bussiness Development Service Providers (BDSP) & Fasilitator Muda dalam rangkaian Pelatihan Pendampingan Literasi Keuangan (ToT Literasi Keuangan) bagi staf BDSP.

Giat dilaksanakan pada rabu, 13 April hingga 15 April 2022 yang berpusat di Kampus Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Peserta pelatihan berasal dari wilayah program YESS,di Kabupaten Banjar,Tanah Bumbu dan Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati, melalui Kabag. Umum, Arfan Sulaiman Korompot, saat pembukaan pelatihan mengatakan, ” Peserta Pelatihan Literasi Keuangan diharapkan jangan hanya sekedar mengikuti pelatihan ini, melainkan harus sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran,” ungkapnya.

“Saya berharap, peserta  yang berasal dari 3 Kabupaten ini sanggup mengimplementasikan rangkaian pembelajaran di lapangan nantinya,” harapnya.

Project Manager (PM) Provincial Project Implementation Unit (PPIU)  Kalimantan Selatan, Angga Tri Aditia saat membuka kegiatan pelatihan mengungkapkan, “Kedepan, Peserta pelatihan dapat memberikan pendampingan terhadap pelaku pertanian di Wilayah Program YESS,” ungkapnya.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) yang juga Direktur Program YESS Idha Widi Arsanti mengatakan upaya yang dilakukan BPPSDMP melalui Program YESS dalam rangka mendukung akses kelembagaan keuangan berupa pengenalan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani serta wirausaha pertanian milenial.

“Petani milenial di bawah binaan BPPSDMP melaui Program YESS lebih siap menerima program KUR. Saat ini sudah terdata sebanyak 69.543 calon Penerima manfaat (CPM) hingga tahun 2022 tersebar di Indonesia yang diintervensi melalui pelatihan kapasitas bisnis, literasi keuangan, dan lainnya,” ujar Widi Arsanti.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pun menambahkan terkait YESS Programme.

“Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS, yakni pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” kata Dedi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengatakan,
“Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi”, ungkapnya.

  (Yusuf/Irfan)

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: