Sel. Jan 25th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Mentan Lantik Komda Jaringan Pertanian Nasional, Kalbar 3 Kabupaten

TariuNews.com, Jakarta – Kementerian Pertanian saat ini fokus dalam pemberdayaan kalangan petani Milenial yang tergabung dalam Jaringan Pertanian Nasional di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Salah satunya juga Provinsi yang di lakukan Pengukuhan Jaringan Pertanian Nasional (JPN) Tahap II ini oleh Menteri Pertanian adalah Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Sambas.

Kampus Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) yang berada di Tangerang Banten menjadi tempat Pengukuhan Jaringan Pertanian Nasional se Indonesia, pengukuhan tersebut juga di lakukan secara online dan Offline pada Kamis, (21/10).

Secara ofline ada 13 Kabupaten yang di undang secara langsung dan salah satunya Kabupaten Sambas mewakili Jaringan Pertanian Nasional se Indonesia yang mendapat penyematan langsung oleh Menteri Pertanian.

Juliadi ketua JPN Komisariat Daerah Kabupaten Sambas yang mendapat penyematan langsung oleh Menteri Pertanian merasa bangga dan senang. Disamping itu hadir pula Komisariat Daerah Kubu Raya Hironimus Ayen dan Zuhriful Irawan Komisariat Daerah Mempawah yang langsung dikukuhkan oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo.

” Dalam pengukuhan Jaringan Pertanian Nasional di Tangerang Banten Alhamdulillah saya mendapat penyematan langsung oleh Menteri Pertanian, dan itu menjadi sebuah kebanggaan dan penghargaan bagi saya dan teman-teman yang ada di Kabupaten Sambas dan Kalimantan Barat pada umumnya” ujar Juliadi.

Tentu kami yang tergabung dalam Jaringan Pertanian Nasional Merasa senang dan bahagia tentu ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kementerian pertanian terkhusus Menteri Pertanian yang sangat peduli pada sektor petani dan fokus dalam menggerakkan sektor petani milenial yang ada di Indonesia.

Juliadi menambahkan, Selain itu juga kami minta pemerintah fasilitasi kami para Petani Milenial di lapangan dengan sarana prasarana yang mendukung untuk Pengolahan dan Pemasaran hasil produk Pertanian kami. Urusan kebutuhan saprodi dan teknis dalam budidaya biar kami lakukan secara otodidak dan mandiri, harap Juliadi

Jaringan Pertanian Nasional (JPN) merupakan resonansi dari Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan Kementerian Pertanian RI dimana Kalimantan Barat di Koordinatori oleh Firminus Dodi untuk 14 Kabupaten asal Kabupaten Landak.

Dodi, Koordinator Wilayah Petani Milenial Kalimantan Barat merasa bangga atas dilantiknya 3 Komda dari 3 Kabupaten pada hari ini. ” Ini merupakan bentuk sumbangsih anak muda bagi negara dalam sektor pertanian, kami sangat bangga dan sekaligus memiliki beban untuk terus berjuang bagi kemajuan petani di Kalimantan Barat, setelah 3 Kabupaten pada pelantikan Tahap II ini, akan ada Pembentukan Komda di 11 Kabupaten lainnya lagi di Kalimantan Barat”, papar Dodi.

Harapannya ke depan dengan adanya Jaringan Pertanian Nasional di bawah kementerian pertanian ini bisa menghubungkan dan menjembatani para petani Milenial yang ada di setiap daerah dengan pemilik hotel, restoran, pemilik rumah makan besar, pemilik paguyuban Lamongan sehingga dengan itu bisa mensuplai kebutuhan produk petani Milenial.

Dalam sambutannya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan dengan adanya Jaringan Pertanian Nasional di setiap daerah bisa menjadi jembatan bagi pemerintah dan jembatan petani dan juga bisa menjadi jembatan bagi petani dan petani.

JPN ini juga harus menjadi mulut, telinga dan matanya Kementerian Pertanian, jangan biarkan kami berjuang sendiri, komitmen JPN adalah komitmen yang kritis atas nama bangsa bukan Komitmen yang ikut-ikutan , kritis atas nama bangsa tujuannya adalah untuk kebaikan.

Editor : Dodi

Rilis : Petani Milenial Kalimantan Barat

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: