Sab. Des 3rd, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Kasus Dana Desa, Eks Kades Sungai Segak Kecamatan Sebangki di Tahan

TariuNews.com, Landak – Kasus Penyelewengan Dana Desa / Alokasi Dana Desa ( DD/AD) di Wilayah Kabupaten Landak masih saja terjadi. Hal ini terus menjadi salah satu bentuk keseriusan aparat penegak hukum di wilayah Kabupaten Landak. Tepat pada peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61, Kejaksaan Negeri Landak mengungkap kasus Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) yang dilakukan oleh Kepala Desa  Sungai Segak Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak. Senin ( 19/07 ).

Mantan Kades Sungai Segak yang dimaksud adalah ES (34). Menurut paparan konferensi press Kajari Landak Sukamto, SH mengatakan, ES tersebut resmi di tahan oleh Kejaksaan Negeri Landak, lantaran terbukti melakukan kasus tindak pidana korupsi yang merugikan negara sekitar Rp. 427.712.540.71 yang bersumber dari Dana Desa APBDES Tahun 2020.

” Tersangka ini telah menyelewengkan dana Kegiatan Fisik dan Non fisik untuk pembangunan di Desa, kerugian itu hanya hitungan dari Inspektorat saja, besarnya kerugian bisa saja bertambah jika hasil Audit BPKP mendapat temuan baru,” jelas Sukamto.

Diketahui bahwa kasus ini terungkap berawal adanya laporan dari warga kepada Kajari Landak yang langsung dilakukan penyelidikan yang sebelumnya sempat heboh karena warga melakukan demo.

Kajari Landak menuturkan bahwa ES tidak dapat mengembalikan uang yang sudah di selewengkan. “berdasarkan hasil penyelidikan pun ES mengkaui perbuatanya itu, dana digunakan untuk kepentingan pribadi. ” ucap Kajari Landak.

Selanjutnya, kepada tersangka ES terhitung sejak 19 Juli 2021 hingga 20  hari ke depan  akan  ditahan  di lembaga pemasyaratan Rutan Kelas II B  Landak  untuk menghadapi persidangan  di kantor pengadilan TIPIKOR Pontianak , dan akan diperpanjang selama 40 hari lagi apabila proses penyidikan masih tetap diperlukan.

Penulis : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

2 thoughts on “Kasus Dana Desa, Eks Kades Sungai Segak Kecamatan Sebangki di Tahan

  1. Usut ke akar”nya pak
    Kami sebagai rakyat sungai segak Uda muak nengok nya
    Pembangunan jalan Hannya setengah meter terus
    Dari kami kecil belom maju”kampung kami

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: