April 19, 2024

TariuNews.com, Landak, Wajah Uging (64) terlihat bingung, ketika personil Koramil Mandor, Kodim 1201 bersama Muspika dan masyarakat mendatangi rumahnya di Dusun Pana, Desa Sum Sum. Kakek yang sehari-hari bekerja serabutan itu lebih banyak terdiam, saat personil Koramil Mandor dan Muspika menjelaskan maksud kedatangan mereka untuk memperbaiki rumahnya.

Rumah yang ditempati Uging bersama anak semata wayangnya sejak bertahun lalu itu, akan direnovasi TNI melalui Program Bedah Rumah Kodim 1201. Impian pria yang sudah 20 tahun ditinggal meninggal dunia istrinya untuk memiliki rumah layak huni, terwujud hari ini.

Kepala Desa Sum Sum Taecun mengatakan, Uging tercatat sebagai warga kurang mampu. Karena itu, pihak desa beberapa kali mengajukan permohonan bantuan kepada dinas dan instansi yang memiliki program bedah rumah.

“Akhirnya kami dengar ada bantuan bedah rumah dari TNI, kami coba-coba omongkan ke Pak Danramil dan di setujui untuk gotong royong memperbaiki kediaman Pak Uging. Atas nama masyarakat Sum Sum, saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak-bapak tentara yang mempercepat perbaikan rumah warga kami,” kata Taecun, Senin (7/12/2020).

Kediaman Uging di Rt.01/Rw.01 Dusun Pana akan dirombak keseluruhannya. Bangunan yang semula beratap daun dengan dinding dan lantai dari kayu lapuk itu akan diperbarui dengan material yang lebih layak.

Danramil Mandor Kapten CZI Joko Umbaran menyampaikan, bangunan rumah Uging sudah hampir roboh. Apabila hanya sebagian yang diperbaiki dikhawatirkan tidak bisa bertahan lama.

“Rumahnya Pak Uging sudah miring, hampir mau roboh,” ungkap Kapten CZI Joko Umbaran.

Joko menyampaikan, pengerjaan rumah Uging dimulai dengan merobohkan dulu bangunan asalnya kemudian membangun ulang kediaman yang baru.

“Kita baru mulai, masih sampai tahap merobohkan rumah milik Bapak Uging dan pembuatan kuda-kuda untuk pondasinya,” tambah dia.
Bedah rumah Uging diperkirakan selesai 15 Desember mendatang yang bertepatan dengan peringatan Hari Juang Kartika ke-75.

Komandan Kodim 1201, Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menuturkan bangunan baru itu nantinya akan menjadi hadiah dari TNI untuk Uging.

“Bangunan baru rumah itu adalah apresiasi kami pada Hari Juang Kartika untuk beliau yang tetap berjuang dan bersemangat di masa sulitnya,” ujar Dandim.

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: