Rab. Feb 8th, 2023

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Gejala Baru Covid-19, 1 Orang di Landak Terindikasi OTG

TariuNews.com, Landak – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak,Subanri dalam keterangannya dihadapan wartawan saat konfrensi pers didapati gejala baru dari penyebaran wabah Virus Corona atau disebut Covid-19, Selasa (07/04) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Jalur 2 Ngabang. Gejala baru ini disebut dengan Orang Tanpa Gejala ( OTG ). Golongan gejala baru ini terindikasi saat dilakukan rapid tes di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Landak beberapa waktu lalu.

“Terdapat satu puskesmas yang diduga menunjukkan adanya reaktif atas dilakukanya rapid test,” ucap Subanri.

Subanri menegaskan akurasi rapid tes hanya mencapai 80 %, satu orang yang terindikasi di Landak, sampelnya akan dikirim ke Jakarta untuk dilakukan tes PCR yang akurasinya mencapai 100%.

” Kami sudah suruh orang tersebut untuk mengisolasi mandiri karena OTG, dia sehat tanpa batuk. Tapi kemungkinan dia ini sudah sebagai pembawa atau carier, kemungkinan dia sudah mengalami kontak di zona merah atau daerah kasus-kasus Covid-19,” tambahnya.

Kasus ODP di Landak mengalami peningkatan yang sangat pesat mencapai 2.871 per tanggal 6 April 2020, hal ini dikarenakan banyaknya warga yang pulang ke Landak dari zona merah, seperti pulau jawa dan luar negeri.

Ditemukannya gejala baru ini yang di sebut OTG (Orang Tanpa Gejala), Dinas Kesehatan Kabupaten Landak menyarankan agar masyarakat harus lebih hati hati, taati anjuran Pemerintah, jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan,dan gunakan masker.

Penulis : Dodi

Editor. : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: