Kam. Des 8th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Pantau Titik Rawan Kebakaran (Hotspot) Dengan Aplikasi Dari Lapan

Aplikasi Lapan: Fire Hotspot

Tariunews.com – Saat ini Indonesia sedang siaga Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan). Karhutla terjadi akibat dari musim kemarau yang saat ini melanda Indonesia.

Karhutla dapat menimbulkan dampak yang sangat serius, yaitu kabut asap yang menimbulkan berbagai macam masalah. Mungkin kita semua masih mengingat bencana kabut asap yang melanda Indonesia beberapa tahun silam.

Permasalahan yang muncul akbat kabut asap mulai dari segi kesehatan, transportasi, hingga perekonomian memang menjadi momok yang harus benar-benar menjadi perhatian Pemerintah.

Namun tidak cukup jika hanya pemerintah saja yang memperhatikan hal ini. Masyarakat juga harus mengambil peran penting dengan tidak membakar lahan dan memantau lokasi-lokasi hotspot (lokasi rawan kebakaran) agar dapat mengambil tindakan sebelum menjadi masalah yang serius.

Lapan ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ) merilis aplikasi android yang bernama LAPAN: Fire Hotspot yang dapat didownload oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Berikut tautan Google Play untuk Aplikasi ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=go.id.lapan.firehotspot&hl=en

Lokasi Hotspot Ditandai Dengan Warna Kuning dan Merah

Warna hijau memiliki tingkat kepercayaan rendah (<30%), warna kuning memiliki tingkat kepercayaan sedang (antara 30% hingga 79%), sedangkan warna merah memiliki tingkat kepercayaan tinggi (>79%). Atau dengan kata lain warna hijau dan kuning resikonya lebih sedikit sedangkan warna merah resikonya lebih besar.

Dengan aplikasi ini kita dapat memantau daerah kita masing-masing dan bersinergi dengan pemerintah untuk mencegah bencana kabut asap kembali melanda Indonesia.

Penulis: Ronald

Editor: Ronald

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: