Sen. Des 5th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Desa Temiang Sawi Laksanakan Musdes RKPDes 2020

TariuNews. Com, Ngabang – Desa Temiang Sawi melaksanakan Musyawarah Desa ( Musdes) RKPDes yang merupakan salah satu proses tahapan dalam perencanaan penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2020. Berbagai elemen masyarakat hadir seperti tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Kepala Dusun, Ketua RT, BPD, kader posyandu, dan Ibu PKK. Jumat (26/7/2019) di Kantor Desa Temiang Sawi Dusun Temiang Sawi Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak.

Difasilitasi oleh Pendamping Lokal Desa (PLD), Firminus Dodi, musdes berjalan lancar. Dalam sambutannya, PLD Desa Temiang Sawi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan Ketua BPD beserta perangkat desa dan anggota BPD lainnya karena sudah melakukan satu tahapan lagi dalam proses perencanaan penyelenggaraan desa untuk tahun 2020. “Saya yakin sebelumnya kadus sudah melaksanakan Musdus, dan pesan pak Camat agar jangan ada lagi tahapan tahapan tidak dilaksanakan dalam perencanaan desa, musdus harus ada berita acara dan daftar hadir sebagai bahan Musdes hari ini untuk diusulkan pada RKPDes 2020 tentu dilihat dari skala prioritasnya. Terimaksih untuk Kades dan BPD atas terselenggaranya Musdes ini”, ungkap Dodi.

Kepala Desa Temiang Sawi, Uwel, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Temiang Sawi dipilih oleh Kecamatan untuk mengikuti Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS). “Kita patut bangga karena desa kita dipilih oleh pihak Kecamatan Ngabang untuk mengikuti program P2WKSS ini. Untuk itu, diharapkan mulai dari sekarang warga diimbau untuk menjaga kebersihan pekarangan rumahnya. Jangan menjemur pakaian di halaman depan rumah, hewan ternak seperti babi ditertibkan, dan lahan-lahan kosong pekarangan rumah ditanami seperti cabai, serai, atau tanaman-tanaman hidroponik lainnya”, papar Uwel.

“Kita berharap Desa Temiang Sawi terpilih ke tingkat Provinsi”, tambah Kepala Desa.

P2WKSS adalah salah satu program yang merupakan upaya untuk meningkatkan peranan wanita dalam masyarakat menuju keluarga sejahtera. Tujuan dilaksanakan program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera yaitu meningkatkan keterampilan, kreatifitas dan kemandirian wanita dalam melihat peluang dan menyelesaikan masalah; Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan; Meningkatkan peran wanita untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera; serta Meningkatkan keadaan ekonomi dan kesejahteraan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Temiang Sawi, Yulianto, dalam sambutannya menegaskan juga kepada Kepala Desa dan perangkatnya untuk selalu transparan dalam proses perencanaan serta penyelenggaraan pemerintahan desa. “Demikian pula anggota BPD, mohon aktif dalam pengawasan, karena ini untuk kepentingan kita bersama, Kadus, RT, dan elemen-elemen masyarakat yang hadir saat ini, hasil musdes ini tolong disampaikan kepada warga yang lain, agar program yang direncanakan untuk tahun 2020 sudah diketahui”, tutur Yulianto.

Penulis : Dodi

Editor : Dodi

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: