Kam. Mei 26th, 2022

Tariunews.com

Aktual, Independen, dan Terpercaya

Hasil TBS Kebun Mitra Tak Dibayar PT. IGP, Tenaga Kerja Dan KMB Datangi Disbun Landak

TariuNews. Com, Ngabang – Puluhan tenaga kerja Koperasi Maju Bersama Kebun Mitra PT. Ichtiar Gusti Pudi ( IGP ) bersama Pengurus dan Pengawas Koperasi Maju Bersama mendatangi Dinas Perkebunan dan Dinas Koperasi Kabupaten Landak, Selasa (23/7/2019).

Kedatangan sejumlah tenaga kerja pengurus dan pengawas Koperasi Maju Bersama tersebut bermaksud mengadukan nasib mereka kepada pihak pemerintah karena belum dibayarnya hasil TBS Kebun Mitra PT. IGP ke Rekening Koperasi sehingga terhambatnya pembayaran gaji pula ke tenaga kerja dan kontraktor yang bekerja di Kebun Mitra PT. IGP.

Pihak Dinas Koperasi Landak, Pengurus, dan Pengawas KMB saat berkoordinasi, Selasa (23/7/2019).

“Ini masalah perut pak, bagaimana kami mau bekerja, untuk beli bensin, beli beras dan biaya hidup lainnya, sudah masuk 3 periode gajian kami belum di bayarkan”, ungkap Kajim salah satu tenaga kerja di Kebun Mitra tersebut.

Ketua Koperasi Maju Bersama Ir. Sudianto menyayangkan pihak perusahaan yang tidak kooperatif seperti ini. “Sudah beberapa kali kami layangkan surat ke manajemen PT. IGP terkait tagihan pembayaran hasil TBS Periode Juni 2019, namun sama sekali tidak ada tanggapan yang positif”, tutur Sudianto kepada pihak Dinas Perkebunan.

Setelah beberapa saat berkoordinasi di Dinas Perkebunan, mereka pun bergerak ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Landak, disabut oleh Yohanes, S. Pd. Kabag urusan Koperasi dan UKM.

Ketua Badan Pengawas KMB, Sukirjo turut menyampaikan aspirasi kepada Pihak Dinas Koperasi ” Kami sebagai lembaga merasa sangat dirugikan, bagaimanapun ini tanggung jawab kami kepada tenaga kerja kami dan kepada banyak petani, sekarang akibat tidak dibayar , pekerja mogok, produksi jadi sangat menurun, TBS tidak terpanen dan membusuk, berapa duit yang disia-siakan, belum lagi pekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari hari sudah kesulitan”, paparnya.

General Manager PT. IGP, Ir. Hardiko, melalui Senior Managernya saat dikonfirmasi oleh media ini menyatakan akan dilakukan pembayaran ke KMB dalam minggu ini atau paling lambat minggu depan.

Menanggapi aspirasi tenaga kerja dan Pengurus Koperasi Maju Bersama ini Dinas Perkebunan Landak akan menurunkan tim langsung ke PT. IGP pada Rabu (24/7/2019) untuk mengkoordinasikan masalah ini. Demikian pula Pihak Dinas Koperasi pun segera berkoordinasi dengan Disbun dan berharap secepatnya akan mencapai titik temu.

Penulis : RYS

Editor. : RYS

previous arrow
next arrow
Slider

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: