Maret 29, 2024

Peringati Hari Pendidikan, Karolin : Landak Harus Mampu Bersaing Tingkatkan Pendidikan dan SDM

0

Tariunews.com, Landak – Hari Pendidikan Nasional merupakan Hari Nasional bagi dunia Pendidikan di Indonesia sekaligus memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku tokoh pelopor pendidikan di Indonesia serta Bapak Pendidikan Nasional dan pendiri Lembaga pendidikan taman siswa yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

Untuk itulah setiap tanggal 2 Mei Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan harapan kemajuan bidang pendidikan akan terus lebih baik sesuai dengan perkembangan zaman dan meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menjelaskan peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan motivasi dalam meningkatkan pendidikan dan SDM di Kabupaten Landak agar mampu bersaing dengan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia dan Dunia Internasional.

“Saya selaku Bupati mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional untuk seluruh siswa/siswi, pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan para penggiat pendidikan, semoga pendidikan kita semakin maju dan berdayasaing dalam menghadapi perkembangan zaman. Untuk Kabupaten Landak saya mengajak Instansi terkait, fokopimda dan masyarakat dapat membantu Pemerintah dalam membangun SDM kabupaten Landak memlalui dunia pendidikan serta secara bersama-sama memberikan motivasi dan evaluasi pembangunan pendidikan di Kabupaten Landak,” Ucap Bupati Landak usai menghadiri Diesnatalis ke 8 STKIP Pamane Talino (02/05/19).

Selain mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional Bupati Landak juga menyampaikan capaian yang telah diperoleh Kabupaten Landak dalam membangun pendidikan di Kabupaten Landak serta akan terus membenahi dunia pendidikan baik secara fisik dan nonfisik.

“Kita terus berjuang untuk pendidikan di Kabupaten Landak agar anak-anak kita mendapatkan layanan pendidikan yang layak bagi mereka terutama mereka yang hidup di wilayah pedalaman, tertinggal dan terluar dengan meningkatkan kualitas para guru dan sarana prasarana pendidikan. Dari tahun ke tahun anggaran yang diberikan untuk pendidikan juga sangat besar yakni 32 milyar, sedangkan untuk tingkat kualitas pendidikan tahun 2018 angka kelulusan untuk tingkat SD/MI 100 persen dan SMP/MTs 99,84 persen apalagi ditahun 2019 ini kita bisa melaksanakan 100 persen UNBK tingkat SMP. Hal ini kita harapkan kedepan kualitas pendidikan di Kabupaten Landak akan semakin baik,” jelas Bupati Landak.

Lebih lanjut Bupati Landak menjelaskan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan terkait pendidikan yang ada di Kabupaten Landak agar dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Landak yang masih tertinggal dari Kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Kita masih punya banyak pekerjaan untuk dunia pendidikan seperti IPM kita yang belum memuaskan, angka lama sekolah juga masih rendah sehingga ini menjadi upaya kita dalam melakukan penataan sehingga kedepan kita lebih melalukan kerjasama program baik dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Kalimantan barat serta dapat diadopsi ke program di Kabupaten Landak,” tutup Bupati.

Penulis : Rilis

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: