April 19, 2024

Peduli Olah Raga, Bupati Sintang Mendapat Penghargaan Oleh SIWO PWI Pusat

0

TARIU News Sintang – Perhatian, dukungan, kepedulian dan kebijakan yang diberikan Bupati Sintang dr H. Jarot Winarno, M. Med. PH terhadap pengembangan dan pembangunan olahraga di Kabupaten Sintang selama tiga tahun memimpin Bumi Senentang diganjar penghargaan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat sebagai “BUPATI PEDULI OLAHRAGA”.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Atal Sembiring Depari Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2018-2023 kepada Bupati Sintang dr Jarot Winarno dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019. Penyerahan penghargaan kepada Bupati Sintang dan tokoh lainnya yang peduli dengan olahraga dilaksanakan di Gedung Granadi Surabaya Jawa Timur pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 20.00 WIB dalam sebuah acara “ Golden Award Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2019.

Terpilihnya Bupati Sintang dr Jarot Winarno melewati seleksi yang cukup ketat, sebab PWI Provinsi dari seluruh Indonesia juga mengusulkan kepala daerahnya yang berprestasi, terutama di bidang olahraga. Bupati Sintang dianggap memiliki kepedulian dan sudah mengabdikan diri pada bidang olahraga.
Bupati Sintang dr Jarot Winarno usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih kepada PWI atas penghargaan ini. “di bidang olahraga. Ini penghargaan yang ketiga kalinya saya terima. Saat Gubernur Kalbar Aspar Aswin dan Cornelis saya juga mendapatkan penghargaan pada bidang olahraga pada saat Hari Olahraga Nasional. “Olahraga ini menurut saya salah satu upaya melaksanakan revolusi mental. Jadi jangan dilihat olahraga semata-mata mengejar prestasi saja tetapi disitu ada pembangunan sumber daya manusia juga” terang Bupati Sintang.

“Masalah olahraga di Sintang dalam hal atlet adalah atlit kita yang sudah tamat SMA di Sintang. Lalu kuliah dan bergabung dengan klub di Pontianak dan tidak lagi memperkuat Sintang. Untuk mencapai prestasi olahraga, menurut saya pembinaan usia dini, olahraga rakyat, fokus pada induk olahraga seperti beladiri dan atletik yang memang selalu berprestasi. Pembinaan usia dini juga memerlukan dukungan dana yang memadai dari Pemda. Ngurus olahraga ini harus dengan hati. Kalau tidak dengan hati tidak akan bisa. Soal sarana prasarana, di Sintang sudah bagus. Yang belum itu untuk renang dan jalur balap motor. Kita akan segera bangun lapangan sepak takraw dan kolam renang standard olimpiade. Balap motor ada permintaan para pembalap untuk menggunakan bandara susilo juga. Tapi akan kita coba lihat” terang Bupati Sintang.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang Hendrika menyampaikan bahwa wajar jika Bupati Sintang mendapatkan penghargaan ini karena perkembangan olahraga di Kabupaten Sintang sangat pesat sejak dipimpin dr Jarot Winarno. “hal tersebut bisa dilihat dari prestasi-prestasi atlit kita yang mewakili Kalbar untuk mengikuti even olahraga tingkat nasional dan mampu meraih prestasi. Berkaitan dengan pembinaan olahraga, Pemda Sintang mempunyai sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Pembinaan yang intensif juga dilakukn secara maksimal kepada pengurus cabang olahraga dengan dukungan pemberian dana untuk pembinaan para atlit. Bapak Bupati Sintang juga juga sudah mendukung dan mendorong kegiatan-kegiatan olahraga secara intensif. Perhatian dan dukungan Bupati Sintang juga kemudian sejalan dengan tingginya kecintaan masyakat kepada olahraga. Jadi konek antara dorongan dan dukungan Bupati Sintang dengan sambutan dan respon masyarakat. Penghargaan yang diterima Bapak Bupati Sintang ini menjadikan motivasi yang besar bagi Disporapar untuk terus meningkatkan pembangunan dan pembinaan olahraga serta meraih prestasi lebih baik lagi” terang Hendrika

A.Ariwangsa Ketua Pengurus Pusat Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) menjelaskan bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas beberapa tokoh yang sudah berprestasi, peduli dan sudah mengabdikan diri pada bidang olahraga. “Kami sudah melakukan pertimbangan dan memperhatikan banyak hal terhadap usulan dari SIWO PWI seluruh provinsi di Indonesia. Penghargaan ini untuk memotivasi banyak tokoh demi kejayaan dan kemajuan olahraga di Indonesia” terang A. Ariwangsa.

A. Ariwangsa menjelaskan bahwa penerima anugerah Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu umum dan disabilitas. Pada kategori umum, penerima penghargaan itu terbagi lagi menjadi 15 kategori antara lain atlet terbaik putra, atlet terbaik putri, pelatih terbaik, pembina terbaik, tim terbaik, atlet harapan putra, atlet harapan putri, tim harapan, pelatih harapan, pembina harapan, atlet favorit putra, atlet favorit putri, pelatih favorit, pembina favorit dan tim favorit. Sementara itu, pada kategori disabilitas, terdapat delapan kategori penerima penghargaan, yakni atlet terbaik putra, atlet terbaik putri, pelatih terbaik, pembina terbaik, atlet harapan putra, atlet harapan putri, atlet favorit putra dan atlet favorit putri.

Atal Sembiring Depari Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2018-2023 menjelaskan sangat menghargai upaya banyak tokoh, atlit dan kepala daerah yang sudah bekerja keras membangun olahraga di Indonesia. “50 tahun yang lalu, SIWO PWI lahir di Surabaya ini. Malam ini SIWO PWI berikan penghargaan kepada tokoh, atlit dan kepala daerah. Pada Hari Pers Nasional Tahun 2019, kami juga menggelar kegiatan bakti sosial dan menyerahkan” terang Atal Sembiring Depari

Penulis : Alex
Editor : Dodi.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: