April 21, 2024

Wow!! Bayi Lahir Bisa Dapat Akta Kelahiran di Puskesmas se-Kabupaten Landak

0

TariuNews.com, LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si melaunching Program Pelayanan “Balita Emas” Bayi Lahir Dapat Akta di Puskesmas se-Kabupaten Landak Berbasis Google Form Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Landak, di Aula Besar Kantor Bupati Landak. Senin (14/08/2023).

Kegiatan ini menindaklanjuti Instruksi Bupati Landak Nomor: 400.12.3.1/580/Dukcapil-Sekre/2023 tanggal 24 Juli 2023 tentang Pelayanan Cepat Bayi Lahir Dapat Akta di Puskesmas Se-Kabupaten Landak Berbasis Google Form.

Hadir para Staf Ahli Bupati Landak, Asisten Administrasi Umum Sekda Landak, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Ngabang, Kakan Kemenag Kab. Landak, Kepala BPJS Kesehatan Perwakilan Kab. Landak, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, para Kepala OPD atau yang mewakili, para Kepala Bagian Setda Landak, para Camat se-Kabupaten Landak, Ketua IBI Kab. Landak, dan para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Landak.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan perlu dilakukan inovasi-inovasi dengan cara yang mudah, murah, cepat, tepat, responsif dan bertanggung jawab.

“Dengan tujuan agar semua bayi lahir di Kabupaten Landak memiliki akta kelahiran. Kemudian untuk mencapai target nasional kepemilikan akta kelahiran anak umur 0-18 tahun di Kabupaten Landak sebesar 98% dapat tercapai,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengatakan bahwa pelayanan kita (pemerintah daerah) kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang jauh memerlukan biaya besar untuk mengurus akta kelahiran ini jika harus pergi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Ini merupakan inovasi yang sangat bagus sekali, dan mengena. Dimana nantinya menitikberatkan peran dari kerjasama kita semua untuk mendukung ini pemberian pelayanan akta bayi yang baru lahir sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan akta ini mungkin dari kampung sampai ke Ngabang ini bisa dihemat,” tutur Samuel.

Ia berpesan agar program ini tidak hanya sebatas launching ini selesai saja karena yang lebih penting adalah implementasinya di lapangan sehingga inovasi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Tentu ini perlu dukungan kita semua terutama rekan-rekan dari puskesmas. Nanti mungkin dalam pelaksanaannya, karena ini dengan metode berbasis google form, berarti nanti harus ada pelatihan-pelatihan, sosialisasi dan lain sebagainya di puskesmas yang mana nanti juga dibantu oleh para camat dan juga nanti kepala desa supaya program ini, inovasi ini, bisa diketahui, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tukasnya.

Kepada Disdukcapil, selaku leading sector, untuk selanjutnya bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder, OPD terkait terutama rekan-rekan di puskesmas, kecamatan dan desa, sambung Samuel, karena Ini memerlukan kerjasama yang intens dan sinergi yang baik.

“Kemudian terkait dengan manfaat tersebut, tentunya Pemerintah Kabupaten Landak selama ini sudah berupaya mengambil langkah-langkah dan inovasi strategis untuk memberikan pelayanan maksimal dan prima kepada masyarakat. Sehingga apapun bentuk pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat bisa dinikmati dengan biaya yang murah, dengan waktu yang efisien, kemudian dengan pelayanan yang memuaskan,” terang Samuel.

Samuel berharap kepada kepala puskesmas se-Kabupaten Landak, para Kepala OPD, Rumah Sakit Umum Daerah, dan para Camat serta juga nantinya Kepala Desa untuk mempergunakan program dan inovasi ini di lingkungan kerjanya dan memfasilitasi sesuai dengan tupoksi dan kewenangannya.

“Program ini bisa berhasil dengan baik dan bermanfaat jika semua pihak mendukung dan saling bersinergi. Program Balita Emas ini sangat baik, sangat mengena, sangat menyentuh. Kita ingin masyarakat kita terlayani terutama yang memang juga menjadi target nasional adalah administrasi kependudukan. Berbagai program dan upaya yang disampaikan oleh pemerintah pusat tiada lain tiada bukan adalah untuk memudahkan dan memfasilitasi administrasi kependudukan ini,” ucap Samuel.

PJ Bupati Landak itu juga meminta kepada semua pihak untuk bekerjasama dengan baik, sehingga kesuksesan program ini bukan hanya kesuksesan untuk Disdukcapil tetapi juga kesuksesan kita bersama yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Landak.

“Teruslah berinovasi dan ciptakan inovasi-inovasi untuk mempermudah pekerjaan, jangan sampai inovasi yang dibuat makin memperberat atau mempersulit dan lain sebagainya, karena inovasi itu adalah suatu terobosan dimana pelayanan itu semakin mudah, cepat dan dengan biaya yang murah,” jelas Samuel.

Tidak lupa Samuel memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak yang telah menginisiasi dan menggagas kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan memfasilitasi kegiatan ini.

“Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi kepada Dukcapil yang telah menginisiasi dan menggagas kegiatan ini. Terimakasih juga kepada Bank Kalbar Cabang Ngabang dan pihak-pihak lain yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” tutup Samuel.

(Diskominfo Kab. Landak)

Editor : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: