April 20, 2024

Petani Milenial dan Andalan Beri Motivasi Pertanian Bagi 300 Siswa di SMKN 1 Ngabang

0

TariuNews.com, Ngabang – Semangat membangun insan pertanian, Petani Milenial dan Andalan Kabupaten Landak menyasar pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ngabang guna memberi motivasi dan penyuluhan pertanian. Adapun kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 lebih siswa siswa kelas XII dari beberapa jurusan. Jumat (17/02/2023) di Aula Sekolah SMKN 1 Ngabang.


Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 WIB – 10.30 WIB ini diikuti penuh antusias oleh siswa siswi dimana nara sumber langsung diisi oleh 2 orang Duta Petani Milenial dan Andalan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dari Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, dimana telah menorehkan berbagai prestasi dan banyak memberi contoh bagi kaum milenial di berbagai daerah dalam bidang agribisnis.


Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Landak, Dodi, Duta Petani Milenial sekaligus sebagai Koordinator Wilayah Petani Milenial Provinsi Kalimantan Barat melalui media ini mengatakan bahwa sektor pertanian memiliki peluang yang sangat menjanjikan bagi kita.


“Melalui kegiatan hari ini, kita bekerja sama dengan dinas pendidikan Landak, harapannya, anak didik di SMA maupun SMK saat mereka tidak lanjut kuliah ataupun nanti setelah kuliah jangan lagi bingung mencari pekerjaan, karena melalui pertanian, agribisnis , bisa mendapatkan income yang luar biasa”, ucap Dodi.


Dodi mengajak anak didik di SMK Negeri 1 Ngabang untuk jangan malu jadi petani, karena tidak semua akan jadi pegawai atau bisa bekerja dikantoran, kita punya tanah dan sumber daya alam, tinggal bagaimana kita mengasah kemampuan berusaha, inovasi, adaftif dengan zaman dan teknologi, kerja keras, disiplin , dan mau terus belajar. tegasnya lagi.


Demikian pula Duta Petani Andalan, Nikolaus Supin, mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMKN 1 Ngabang yang telah memberi waktu bisa hadir di sekolah ini. “Harapan kami, anak-anak ini bisa melihat peluang di sektor pertanian, siswa siswi bisa kelak kembali ke kampung masing-masing, membuka lapangan pekerjaan, membangun daerahnya dengan sumber daya alam yang ada, memanfaatkan semaksimal mungkin lahan pertanian mereka”, papar Supin, yang merupakan salah satu petani terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Barat.


Dominikus Dasit, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ngabang menyambut baik kedatangan Petani Milenial dan Andalan di Sekolahnya, “kami sangat mendukung program Petani Milenial Andalan dalam mensosialisasikan usaha agribisnis pertanian, SMK Negeri 1 Ngabang memiliki kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, giat ini bisa memotivasi anak didik kami lebih banyak mengetahui tentang dunia pertanian,semoga program ini terus berkelanjutan mensosialisasikannya”, ucap Dasit.


Kegiatan ini merupakan bentuk semangat petani milenial dan andalan Kementan agar sektor pertanian terus di dorong sejak dini guna menjaga ketahanan pangan kita tetap terjaga, serta kaula muda tidak lagi melihat petani sebagai pekerjaan yang rendah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: