Maret 29, 2024

DANYON 642 KAPUAS PIMPIN ANJANGSANA KE PANTI ASUHAN CAHAYA PURNAMA

0

TariuNews. Com, Sintang – Komandan Batalyon 642 Kapuas Mayor Inf. Condro Edi Wibowo memimpin rombongan melakukan anjangsana dan silaturahmi ke Panti Asuhan Cahaya Purnama Desa Sungai Ukoi Kecamatan Sungai Tebelian pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Anjangsana dilaksanakan dalam rangka berbagi kasih dan semangat Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019. Rombongan disambut Ketua Yayasan Cahaya Sintang dan 17 anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Cahaya Purnama Sungai Ukoi.

Danyon 642 Kapuas Mayor Inf. Condro Edi Wibowo menyampaikan bahwa anjangsana ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019. “Pemda, TNI, Polri, Instansi vertikal, dan Perbankan melakukan anjangsana dan silaturahmi. Kami ingin berbincang-bincang dan berbagi dengan anak anak panti asuhan. Kepada anak anak di panti asuhan, kalian tidak sendiri. Tetapi ada orangtua kalian di sini. Termasuk Pemkab Sintang juga adalah orang tua kalian” terang Condro Edi Wibowo.

“Pesan saya, kalian harus punya cita-cita. Terus belajar dengan baik. Patuhlah kepada pembina di sini. Merekalah orangtua kalian. Pelajaran tidak hanya dalam buku. Tetapi dalam keseharian kalian juga merupakan proses belajar. Anak-anak panti asuhan juga ke depannya bisa menjadi pegawai, anggota TNI POLRI” pesan Condro Edi Wibowo.

Heri Kiswanto Ketua Yayasan Cahaya Sintang menyampaikan rasa senangnya karena adanya silaturrahmi seperti ini. “Bagi kami kunjungan ini istimewa. Dulu saat kami memutuskan pindah ke Sungai Ukoi. Dengan harapan, pembinaan kepada anak anak lebih mudah karena disinilah pusat kantor yayasan.

Sudah banyak anak anak alumni panti asuhan Cahaya Purnama yang sudah tamat dari sini dan melanjutkan kuliah. Ada yang sudah berhasil jadi dokter, bidan, dosen dan tinggal di Jakarta. Mereka alumni yang sudah sukses. Meskipun Mereka tidak punya orang tua ternyata mereka bisa sukses. Kami juga senang bisa membantu Pemkab Sintang dalam mencerdaskan anak bangsa. Semua anak-anak panti asuhan disini berasal keluarga broken home dan tidak memiliki orang tua tetapi bertekad untuk sekolah tinggi. Kami anggap anak anak ini adalah titipan Tuhan kepada kami. Dan mereka mau sekolah. Puji Tuhan hingga kini kami terus bertahan. Anak-anak disini paling banyak anak anak dari Sintang. Yang paling jauh dari Senaning” terang Heri Kiswanto.

Pembina Panti Asuhan Cahaya Purnama Ibu Abandina Suri menjelaskan banyak anak-anak yang mau masuk ke sini tapi kami tolak karena tidak mampu menampung mereka karena keterbatasan biaya kami. “Karena yang ada di tempat kami ini, mulai biaya makan, pakaian sekolah, pakaian sehari-hari meraka juga kami tanggung” terang Ibu Abandina Suri.

“Panti Asuhan Cahaya Purnama berada dibawah naungan Yayasan Cahaya Sintang. Panti asuahan berdiri pada 2001 di Kampung Ladang. Kemudian 2008 kami pindah ke Sungai Ukoi. Kami bahagia dalam rangka Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019, karena sudah dikunjungi. Dari 17 anak-anak disini berasal dari Sintang, Kapuas Hulu, Melawi dan Sekadau. Mereka semua ingin meneruskan pendidikan. Kami menampung anak SD sampai SMA. Setelah itu kami kembalikan ke keluarga. Sehari hari kami hanya belajar saja. Dari 17 anak tersebut SMA 1 orang, SMP 11 orang dan SD 5 orang” terang Ibu Abandina Suri. Dalam anjangsana tersebut, Komandan Batalyon 642 Kapuas Mayor Inf Condro Edi Wibowo menyerahkan bantuan dana yang dikumpulkan seluruh rombongan yang ikut dalam anjangsana. Sementara Inspektur Kabupaten Sintang Apolonaris Biong menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada salah satu anak yang tinggal di Panti Asuhan Cahaya Purnama.

Penulis : Alex

Editor. : Dodi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: