Maret 28, 2024

Boros Kuota Internet? Cek Cara Menghematnya Bos

0

TARIUnews.com– Internet merupakan kebutuhan yang saat ini hampir bisa dikatakan sebagai kebutuhan dasar. Dengan aliran informasi yang tidak terbatas Internet menjadi dunia kedua saat ini.

Namun dengan banyaknya informasi yang diakses melalu ponsel pintar, semakin banyak pula pengeluaran biaya internet yang dibutuhkan. Android merupakan Sistem Operasi yang saat ini paling banyak digunakan oleh para penjelajah dunia maya pada ponsel pintarnya.

Kebanyakan aplikasi di perangkat Android selalu aktif diam-diam. Alhasil, aplikasi tersebut menghabiskan data kuota internet, yang tak jarang dikeluhkan para pengguna perangkat.

Dilansir dari Kompas Tekno, akhir tahun lalu Google telah merilis sebuah aplikasi bernama Datally, yang membantu mengontrol konsumsi data kuota. Kala diuji coba, Google mengklaim jika pengguna bisa menghemat data hingga 30 persen.

Lantas, bagaimana caranya? Semua pengguna Android mulai dari versi 5.0 ke atas, bisa mengunduh aplikasi Datally secara gratis di Google Play Store melalui tautan berikut.

Pada intinya, Datally akan mematikan aplikasi yang masih menyedot kuota di belakang sistem (background). Aplikasi itu juga menggunakan koneksi VPN untuk menganalisis traffic pengguna.

Setelah aplikasi terpasang di perangkat, lalu tombol “data saver” di layar utama diaktifkan, beberapa aplikasi akan otomatis diblok. Namun, pengguna masih bisa mengatur, aplikasi mana yang dianggap penting sehingga masih bisa menggunakan data di sistem background. Biasanya, aplikasi yang tetap terkoneksi data adalah media sosial dan layanan pesan instan seperti WhatsApp atau Facebook, guna memberikan pembaruan notifikasi.

Setiap pengguna membuka aplikasi, Datally akan memberikan laporan seberapa banyak data yang digunakan dalam bentuk balon notifikasi yang muncul secara pop-up. Jumlah data yang dikonsumsi akan diberitahukan secara terus menerus selama aplikasi tersebut masih dibuka.

Dengan begitu, pengguna Android bisa mewanti-wanti untuk segera berhenti menggunakan aplikasi tersebut, jika kuota internet yang disedot dianggap terlalu banyak. Saat balon notifikasi diketuk (tapping), akan muncul opsi untuk memblokir data aplikasi dan melihat detail penggunaan data secara keseluruhan.

Baca juga: Bupati Landak, Karolin: Program CSR Perusahaan Banyak Belum Maksimal

Jika merasa terganggu dengan adanya balon notifkasi, pengguna bisa menonaktifkannya di pengaturan (setting), lantas geser tombol opsi “enable data saver bubble” ke kiri. Pengguna bisa selalu meninjau berapa banyak data yang terkuras di setiap aplikasi, tiap jam, tiap hari, dan tiap bulan di menu “Manage Data Screen”, sebagaimana KompasTekno himpun dari Fossbytes, Sabtu (16/6/2018).

Datally juga akan membantu pengguna untuk melacak koneksi Wi-Fi berdasarkan lokasi pengguna yang bisa menjadi alternatif penghemat kuota internet. Melalui Google Maps, Datally akan menunjukan arah tempat terdekat pengguna yang memiliki koneksi Wi-Fi.

Baca juga: Tips dan Trik Meraih Keuntungan Besar Dalam Beternak Babi ‘Ala’ Adrianus Limbai

Sumber: Kompas Tekno

Judul asli: Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Editor: Ronald

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: